acara     April 25, 2019

Sinergi SMV Kementerian Keuangan Wujudkan Penguatan Energi Terbarukan di Indonesia

Pemerintah menargetkan komposisi sumber energi terbarukan terhadap energi nasional sebesar 23% pada 2025, di mana sektor panas bumi menjadi sektor prioritas sebagaimana tertuang dalam Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2018-2027 yang dikeluarkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, jajaran Special Mission Vehicles Kementerian Keuangan yaitu PT SMI dan PT PII mendukung PT Geo Dipa Energi untuk bersinergi wujudkan penguatan energi terbarukan di Indonesia.

Disaksikan oleh Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani Indrawati dan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, PT SMI dan PT Geo Dipa Energi menandatangani Surat Fasilitas Pembiayaan untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Small Scale Dieng. Fasilitas pembiayaan sejumlah U$19 juta dari PT SMI ini, akan turut mendukung PT Geo Dipa Energi meningkatkan kapasitas produksi listrik hingga 270 MW pada tahun 2023.

Dalam kesempatan ini, PT Geo Dipa Energi juga melaksanakan groundbreaking simbolis untuk Proyek PLTP Unit 2 Dieng dan Patuha yang masing-masing berkapasitas 60 MW. Keseluruhan upaya ini merupakan langkah konkret sinergi SMV Kemenkeu dalam menyediakan energi ramah lingkungan yang akan memitigasi dampak perubahan ikilim (climate change) dan sejalan dengan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Related Posts