Berita


2017, Infrastruktur Sektor Kesehatan Jadi Bidikan Pemerintah

JAKARTA – Pemerintah telah menetapkan postur anggaran untuk tahun 2017 mendatang. Bersama DPR RI, pemerintah menetapkan anggaran belanja sebesar Rp2.080,45 triliun.

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo menuturkan, anggaran ini nantinya sebagian besar akan digunakan salah satunya untuk pembangunan infrastruktur. Hanya saja, selain infrastruktur fisik sektor transportasi, pembangunan juga akan difokuskan kepada pembangunan infrastruktur sektor kesehatan.

Hal ini dapat dilihat dari adanya transfer dana dari kementerian kesehatan kepada pemerintah daerah. Artinya, pemerintah daerah nantinya juga memiliki wewenang untuk menggenjot pembangunan infrastruktur fisik sektor kesehatan.

“Jadi ada ketentuan seperti itu. Misalnya kan dulu ada di Kementerian Kesehatan, tapi sekarang kita alihkan. Kita alihkan melalui transfer Dana Alokasi Khusus untuk pembangunan infrastruktur fisik di daerah,” ujarnya kepada Okezone.

Pembangunan infrastuktur fisik ini diharapkan dapat menjadi upaya bagi pemerintah daerah untuk dapat meningkatkan kualitas SDM di daerah. Dengan begitu, maka SDM di daerah nantinya juga dapat berkontribusi bagi ekonomi nasional.

“Jadi dengan shifting ini kita harapkan seperti itu,” tutupnya.

Seperti diketahui, dana transfer khusus (DAK) yang telah disepakati dalam UU APBN 2017 terdiri atas DAK Fisik sebesar Rp58,3 triliun. DAK fisik ini terdiri dari DAK reguler sebesar Rp20,3 triliun, DAK penugasan sebesar Rp34,4 triliun, dan DAK afirmasi sebesar Rp3,4 triliun. Selain itu, Dana Transfer Khusus juga terdiri dari DAK Nonfisik sebesar Rp115,1 triliun.

 

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Geo Dipa-SMI Kembangkan PLTP Dieng 2019 Dimulai, RS Tipe B Tanjung Selor Selesai 2020 Resmikan RSUD Konawe, Sri Mulyani: Uang Pajak Dikembalikan ke Rakyat PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar