Berita


2018, SMI Berencana Terbitkan Obligasi Rp10 Triliun

PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) masih akan menghimpun dana lewat pasar modal Indonesia melalui utang untuk membiayai proyek infrastruktur. Perusahaan akan menerbitkan surat utang (obligasi) kembali sebesar Rp10 triliun di 2018.

SMI baru saja resmi mencatatkan Obligasi Berkelanjutan I SMI Tahap II Tahun 2017 senilai Rp7 triliun di Bursa Efek Indonesia (BEI). Obligasi tersebut merupakan bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan I Sarana Multi Infrastruktur 2016 lalu dengan total emisi mencapai Rp30 triliun.

Pada 2018, Direktur SMI Agresius R Kadiaman mengaku perusahaan berencana membiayai infrastruktur dengan cara menerbitkan obligasi Rp10 triliun. Penerbitan itu akan terlaksana dalam dua tahap, yakni pada semester I dan II.

“Tahun depan masih punya alokasi Rp18 triliun, tapi kita perhatikan, minimal bisa ambil Rp10 triliun. Itu disesuaikan dengan rencana perusahaan,” ujar Agresius, di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Kamis, 16 November 2017.

Sepanjang 2018, dia menyebutkan, SMI membidik pembiayaan infrastruktur bisa mencapai Rp50 triliun. Pada tahun ini, perseroan yakin bisa membiayai proyek infrastruktur sebesar Rp39,5 triliun. Hingga Oktober 2017, SMI telah membiayai proyek infrastruktur sebanyak Rp30 triliun.

“Dengan nilai aset yang dimiliki kami sebesar Rp55 triliun,” tutur Agresius.

Direktur Utama SMI Emma Sri Martini mengatakan penerbitan obligasi yang dijalankan perseroan sebesar Rp7 triliun disambut positif oleh investor lokal maupun luar negeri.

Obligasi yang diterbitkan, tutur Emma, mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) dan hampir 30 persen permintaan datang dari investor asing.

“Tingginya permintaan investor terhadap obligasi SMI, meskipun dalam era suku bunga rendah ini, menunjukkan tingginya tingkat kepercayaan investor pada Perseroan dan juga menunjukkan bahwa sektor infrastruktur saat ini telah menjadi asset class bagi investor,” pungkas Emma.

 

Link

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal SMI Berfokus Pada Pembiayaan Infrastruktur Pariwisata Sri Mulyani Minta PT SMI Selektif Pilih Proyek yang Akan Didanai Setelah LRT Jabodebek, Ini Proyek Kerjasama Kemenhub dengan SMI