Berita


Anggaran Mitigasi Perubahan Iklim Rp 77,6 Triliun

|JAKARTA| Pemerintah menganggarkan Rp 77,6 triliun pada APBN 2017 untuk mendukung pencapaian komitmen pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) Indonesia sebesar 29% pada tahun 2030. Anggaran yang dialokasikan ini naik jika dibandingkan APBN Perubahan 2016 sebesar Rp 72,2 triliun.

“Tercatat 123 output dari enam kementerian atau lembaga atas anggaran yang dialokasikan untuk pengurangan emisi GRK,” kata Kepala Pusat Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim dan Multilateral Kementerian Keuangan, Pardjiono, pada acara Aksi Pengendalian Perubahan Iklim Goes to Campus, di Universitas Indonesia (UI), Depok, Selasa (5/9).

Acara tersebut diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa UI dan Dewan Nasional Pertimbangan Pengendalian Perubahan Iklim (DPPPI) Kementerian

Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Acara dibuka oleh Staf Ahli Menteri LHK bidang Ekonomi Sumber Daya Alam yang juga Sekretaris DPPPI Agus Justianto.

Menurut Pardjiono selain menyediakan APBN, ada juga kebijakan fiskal yang bertujuan mendorong sektor swasta untuk terlibat pada investasi pengurangan emisi GRK, terutama untuk sektor energi yang merupakan salah satu penyumbang emisi GRK terbesar.

Mendorong

Mekanisme yang disiapkan di antaranya adalah tax holiday, tcix allowance, pembebasan PPN untuk barang modal, PPh Ditanggung Pemerintah untuk Geothermal, dan Pembebasan Bea Impor untuk Barang Modal. “Pemerintah sangat mendorong sektor swasta untuk lebih berperan serta dalam pembiayaan aksi perubahan iklim,” ujar Pardjiono.

Direktur Utama SMI Emma Sri Martini mengatakan, sejauh ini GCF telah berkomitmen untuk menyalurkan pendanaan sebesar USS 10,3 miliar. “Untuk Indonesia, total dana yang disetujui untuk proyek yang layak mencapai US$ 2,8 miliar,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Mobilisasi Sumber Daya Sektoral dan Regional Kementerian LHK Achmad Gunawan Widjaksono mengungkapkan, pemerintah sedang menyiapkan pembentukan Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup. Lembaga ini akan menjadi penampung pendanaan dari berbagai sumber untuk disalurkan pada proyek-proyek terkait adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Berbagai sumber pendanaan yang tersedia diharapkan bisa direspons oleh berbagai entitas, baik badan usaha, pemerintah daerah, maupun masyarakat sipil.

 

Suara Pembaruan - Anggaran Mitigasi Perubahan Iklim Rp 77,6 Triliun

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Dirut SMI Bakal Tegas Pecat Pegawai Penyebar Kebencian Kunjungi Proyek Panas Bumi Sorik Marapi Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal SMI Berfokus Pada Pembiayaan Infrastruktur Pariwisata