Berita


Bangun RS, Pemkab Libatkan Swasta

SIDOARJO – Pembangunan rumah sakit (RS) di Sidoarjo Barat akan dimulai tahun depan. Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sidoarjo Bangun Winarso mengatakan, pembangunan RS tersebut sudah dipersiapkan.

Bahkan dalam Perubahan APBD 2016 dialokasikan anggaran untuk feasibility study (FS) atau studi kelayakan, termasuk lahan di Kecamatan Krian. Menurut ketua Fraksi PAN tersebut, karena termasuk RS tipe C, minimal bed yang disediakan 200 bed dan anggaran yang dibutuhkan Rp250 miliar.”

Sebenarnya, pembangunan RS tersebut ditargetkan 2018, tapi masih terkendala anggaran,” terangnya. Karena besarnya anggaran, Pemkab Sidoarjo tampaknya tidak sanggup dan akan menggandeng pihak ketiga untuk menalangi anggaran. Selanjutnya, Pemkab akan mengangsur pembayarannya dalam beberapa tahun.

“Sudah ada pembicaraan dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) terkait pembiayaan rumah sakit wilayah barat,” ujar Kepala Bagian Kerja Sama Pemkab Sidoarjo Ari Suryono. PT SMI merupakan perusahaan pembiayaan infrastruktur, BUMN di bawah Kementerian Keuangan RI. Nantinya biaya akan ditanggung PT SMI dan Pemkab mengangsur dalam beberapa tahun.

Pembangunan rumah sakit itu rencananya berlokasi di Kelurahan Tambak Kemeraan, Kecamatan Krian. Kepala Dinas Kesehatan Ika Harnasti mengatakan, pembangunan rumah sakit dengan pihak swasta masih dibicarakan secara intens. Langkah tersebut dinilai sangat tepat agar rumah sakit barat segera terealisasi. “Jika dibangun lebih cepat setelah FS rampung, akan berdampak positif pada pelayanan kesehatan di Sidoarjo,” kata Ika.

 

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Geo Dipa-SMI Kembangkan PLTP Dieng 2019 Dimulai, RS Tipe B Tanjung Selor Selesai 2020 Resmikan RSUD Konawe, Sri Mulyani: Uang Pajak Dikembalikan ke Rakyat PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar