Berita


Bangun RSUD Baru, Pemda Konawe Teken Kerja Sama dengan PT SMI

SULTRAKINI.COM: KONAWE – PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Persero memberikan kucuran dana ke pemerintah daerah (Pemda) Konawe. Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa bersama Direktur Pengembangan Proyek dan Jasa Konsultasi PT SMI, Darwin Trisna Djajawinata resmi menandatangani perjanjian pembiayaan itu, Kamis (28/07/2016).

Prosesi penandatanganan digelar secara terbuka dan disaksikan sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Konawe.

Kery mengungkapkan, nilai pinjaman yang diberikan sebanyak Rp231,9 miliar lebih. Pinjaman tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan RSUD Konawe, baik fisik bangunan maupun perlengkapan alat kesehatan (Alkes). Pembangunan fisik dialokasikan senilai Rp226,4 M, sedangkan Alkes senilai Rp5,5 M.

“Kita rencanankan rumah sakit tipe C plus. Seiring berjalannya waktu nanti, kita berharap kedepannya statusnya bisa naik lagi,” jelasnya.

Mantan Ketua DPRD Konawe itu menerangkan, rumah sakit tiga lantai itu nantinya akan menyediakan fasilitas kamar sebanyak 182. Dari jumlah tersebut, kamar yang disediakan untuk kelas III, sebanyak 112.

Selama masa pengerjaan Ketua Harian PAN Sultra itu berharap, agar Puskesmas di Konawe bisa memaksimalkan kerjanya. Jika ada pasien yang masih bisa ditangani di Puskesmas, kata Kery sebaiknya dituntaskan di tempat itu. Namun jika mengharuskan ada rujukan, Pemda Konawe tetap akan berusaha untuk merujuk bahkan hingga ke Makassar.

Terkait kapan action, Kery menegaskan secepatnya. Saat ini masih ada proses lelang. Ia berharap, perusahaan BUMN-lah yang bisa menang tender, agar lebih aman selama proses pembangunan. Sedangkan untuk proses pelunasan, sesuai perjanjian akan dilakukan selama tenggang waktu 8 tahun. Bahkan kata Kery, jika PAD Konawe meningkat Pemda akan melakukan pengembalian secepatnya.

Pada kesempatan yang sama, Darwin menerangkan sejak Pusat Investasi Pemerintah (PIP) melebur ke PT SMI, Konawelah yang pertama diberi pinjaman. Pihaknya berani memberi pinjaman, sebab Konawe sangat memenuhi syarat yang ditentukan. Terlebih melihat stabilitas keuangan Konawe yang dianggap cukup baik.

Ia mengungkapkan, bunga pinjaman dari dana yang dikicurkan itu senilai 8,3 persen per tahun. Pengembalian akan dilakukan secara bertahap selama delapan tahun, yang akan dilakukan tiap tiga bulan sekali.

“Kami berharap, kerja sama ini membawa kebaikan bagi Konawe. Terlebih lagi hal ini dilakukan dengan tujuan yang sangat mulia, yakni pembangunan rumah sakit,” tandasnya.

 

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Geo Dipa-SMI Kembangkan PLTP Dieng 2019 Dimulai, RS Tipe B Tanjung Selor Selesai 2020 Resmikan RSUD Konawe, Sri Mulyani: Uang Pajak Dikembalikan ke Rakyat PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar