Berita


Bank Dunia Beri Hibah US$55 Juta

Bank Dunia resmi menghibahkan dana senilai US$55,25 juta untuk mendukung proyek hulu panas bumi di Indonesia guna memfasilitasi investasi di bidang pembangkit listrik panas bumi.

Berdasarkan situs resmi Bank Dunia, bantuan tersebut memiliki dua komponen dengan tujuan yang berbeda. Dari total dana US$55,25 juta, sebanyak USS49 juta akan digunakan sebagai dana teknologi bersih (elean technology fund) yang mendukung pembangunan infrastruktur dan eksplorasi. Komponen kedua adalah dana fasilitas lingkungan global {global environment fadlity) untuk peningkatan kemampuan dalam eksplorasi panas bumi, termasuk di dalamnya pengamanan uji tuntas.

Untuk dana teknologi bersih akan dikelola oleh BUMN yang bergerak di bidang keuangan, PT Sarana Multi Infrastruktur bekerja sama dengan Kementerian Keuangan untuk menentukan proyek mana saja yang berhak mendapat kucuran dana.

Direktur Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chaves mengatakan, panas bumi merupakan sumber energi baru terbarukan kedua terbesar di Indonesia setelah tenaga air dan batu bara. Bank dunia melihat dari total 250 penduduk, masih ada 30 juta penduduk di Indonesia atau 12% yang belum dapat menikmati akses listrik.

“Ketidakcukupan energi menahan potensi pertumbuhan Indonesia dan membatasi peluang masa depan jutaan rakyat Indonesia. Hibah ini akan membantu Indonesia mengembangkan potensi panas bumi yang melimpah,” kata Rodrigo dalam situs resminya, Selasa (14/2).

Menurutnya, Bank Dunia akan mendukung sepenuhnya upaya pemerintah Indonesia meratakan akses listrik yang dapat diandalkan secepat mungkin.

Proyek panas bumi juga akan mendukung upaya lanjutan Indonesia untuk beralih ke energi yang ramah lingkungan dan mencapai target baur-an energi baru terbarukan 23 % pada 2025. Memperluas akses listrik di seluruh daerah Indonesia merupakan tujuan utama dari proyek tersebut.

“Proyek ini menekankan khususnya di Indonesia bagian timur, di mana persentase keluarga yang kurang akses listrik yang andal sangat tinggi,” kata Senior Spesialis Energi Bank Dunia Peter Johansen.

Dukungan Bank Dunia untuk pengembangan panas bumi di Indonesia adalah komponen utama dari kerangka kemitraan negara bank dunia untuk Indonesia yang fokus pada prioritas pemerintah dan diharapkan memiliki dampak transformasional.Bisnis_Indonesia - Bank Dunia Beri Hibah US 55 Juta

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Geo Dipa-SMI Kembangkan PLTP Dieng 2019 Dimulai, RS Tipe B Tanjung Selor Selesai 2020 Resmikan RSUD Konawe, Sri Mulyani: Uang Pajak Dikembalikan ke Rakyat PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar