Berita


Bank Jateng Biayai Tol Serpong-Balaraja Rp500 Miliar

PT Trans Bumi Serbaraja yang merupakan konsorsium Sinar Mas Land, Astratel Nusantara (Astra Infrastructure), dan Kompas Gramedia bakal memulai merealisasikan pembangunan Jalan Tol Serpong-Balaraja.

Realisasi itu setelah PT Trans Bumi Serbaraja mendapatkan bantuan pembiayaan secara Sindikasi dari beberapa lembaga perbankan diantaranya Mandiri. BNI. dan SMI. Penandatanganan perjanjian kredit antara PT Trans Bumi Serbaraja dengan Bank Sindikasi dilakukan pada 16 Desember 2016 lalu.

Menurut Direktur Utama Bank .lateng Supriyatno. dana yang digelontorkan untuk pembangunan Jalan Tol Serpong-Balaraja adalah Rp 6.2 triliun. Dari jumlah tersebut, sebesar Rp 4,3 triliun dibiayai oleh sindikasi Bank Mandiri, BNI. dan PT SMI Sisanya sebesar Rp 1,9 Triliun berasal dari ekuitas PT Trans Bumi Serbaraja sebagai pemegang konsensi Jalan Tol Serpong-Balaraja. Dan, dari pembiayaan sebesar Rp 4,3 triliun tersebut. Bank Jateng mendapatkan selldown pembiayaan dari Bank Mandiri sebesar Rp 500 miliar.

Adapun realisasi pembangunan Jalan Tol Serpong-Balaraja sendiri sudah dimulai dengan pengerjaan konstruksi jalan di STA 02+900 sampai dengan 04+100 pada 15 Desember 2016.

Proyek Tol Serpong-Balaraja dicetuskan Pemerintah Kabupaten Tangerang pada 2012 dengan tujuan menyediakan jalur alternatif guna mengembangkan dan memerai akan pembangunan wilayah Tangerang di bagian Selatan, Tengah, dan Barat.

Setelah pencetusan itu. butuh waktu lama dalam hal proses pembebasan lahannya. tetapi pada pertengahan 2015 PT Trans Bumi Serbaraja keluar sebagai pemenang tender investasi.

Jalan Tol Serpong-Balaraja akan dibangun sepanjang 30 kilo meter dan dibagi dalam tiga seksi. Seksi 1 dibangun sepanjang 9.3 kilo meter dari Serpong-Legok, Seksi II dari Legok-Tigaraksa dengan panjang 10.7 kilo meter, dan Seksi III dari Tigaraksa-Balaraja sepanjang 10 kilo meter.

Pembangunan lol ini, diharapkan mampu mengakomodasi perkembangan pembanguan Kota Maja dan wilayah Tangerang lainnya.

 

Suara Merdeka - Bank Jateng Biayai Tol Serpong Balaraja Rp500 Miliar

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal SMI Berfokus Pada Pembiayaan Infrastruktur Pariwisata Sri Mulyani Minta PT SMI Selektif Pilih Proyek yang Akan Didanai Setelah LRT Jabodebek, Ini Proyek Kerjasama Kemenhub dengan SMI