Berita


Bantu kembangkan PLTP, Bank Dunia sumbang Rp 733 miliar ke RI

Merdeka.com – Bank Dunia berencana memberikan bantuan dana sebesar USD 55 juta atau setara Rp 733 miliar untuk membantu pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia. Dengan begitu, dana yang ada untuk pengembangan EBT di Tanah Air mencapai USD 105 juta setara Rp 1,39 triliun.

“Jadi ada USD 55 juta dan akan ada dana dari pemerintah. Dulu namanya geothermal fund yang sekarang dikelola PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Jadi USD 55 juta dari World Bank dan USD 50 juta dari PT SMI yang akan bantu Kementerian ESDM,” ujar Energy Specialist World Bank, Muchsin dalam diskusi Energi Kita yang digagas merdeka.com, RRI, Sewatama, IJTI, IKN dan IJO di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Minggu (26/2).

Nantinya sumbangan ini akan fokus pada pembangkit listrik tenaga panas bumi atau geothermal. Di mana, dana tersebut akan dipergunakan untuk pengeboran sumur-sumur produksi.

“Itu yang di sisi biaya cukup tinggi dan para pengembang susah dapat pinjaman untuk kegiatan itu. Jadi, misalkan untuk eksplorasi saja butuh minimal tiga sumur. Untuk satu sumur antara USD 7-10 juta kali tiga, itu mereka benar-benar perlu pakai modal sendiri,” jelasnya.

Lebih lanjut, dia menegaskan Bank Dunia saat ini memiliki proyek baru geothermal upstream developmet project yang mencoba membantu pemerintah pengeboran untuk sumur-sumur baru.

“Jadi ketika udah dibor, pemerintah baru lakukan tender. Itu akan sangat membantu investor karena mereka yakin resource udah ada dan mereka tidak perlu keluarin biaya yang cukup tinggi karena sudah dibantu dengan itu. Tahun ini baru,” tuturnya.

“Proyek ini 5 tahun dari tahun ini dan dananya sifatnya revolving ya. Jadi ketika hasil pengeboran sukses, dibuka tender dan pemenang lelang yang akan mengembalikan biaya itu. Dan dipakai untuk ngebor tempat lainnya. Itu jauh lebih mudah daripada pengembang harus menggunakan ekuiti sendiri karena mereka akan nambah 50 persen untuk menanggung risikonya,” tutupnya.

 

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Geo Dipa-SMI Kembangkan PLTP Dieng 2019 Dimulai, RS Tipe B Tanjung Selor Selesai 2020 Resmikan RSUD Konawe, Sri Mulyani: Uang Pajak Dikembalikan ke Rakyat PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar