Berita


Benahi Kelistrikan, SMI Siap Kucurkan Dana Rp4,47 T

JAKARTA – PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) memberikan total komitmen pembiayaan sekira Rp4,47 triliun dengan total project cost sebesar Rp38,89 triliun dengan multiplier effect sebesar 8,7 kali.

Pendanaan terbesar persero di sektor ketenagalistrikan dengan porsi 39 persen dari total pendanaan yang selanjutnya disusul oleh minyak dan gas bumi, transportasi, migas, dan telekomunikasi.

“Sebagai katalis pembangunan infrastruktur, fokus kita memang pada pembiayaan infrastruktur untuk program-program pemerintah, baik untuk proyek yang dibangun oleh swasta maupun proyek perusahaan BUMN,” kata Direktur Utama SMI Emma Sri Martini di Grand Indonesia Jakarta, Rabu (7/5/2014).

Sementara itu, Direktur Manajemen Risiko, Keuangan dan Dukungan Kerja SMI Nasrizal Nazir mengatakan, perseroan juga mengalami peningkatan kinerja yang cukup membanggakan.

“Kinerja persero dalam lima tahun terakhir cukup impressive dengan CAGR pertumbuhan total aset sebesar 79 persen dan ekuitas 44 persen,” ujar dia.

Sebagai informasi, total aset persero pada 2013 sebesar Rp7,1 triliun dengan total pendapatan usaha sebesar Rp424 miliar dan keuntungan bersih sebesar Rp207 miliar.

Selain terus melakukan kegiatan pembiayaan dan pengembangan proyek, persero juga terus mempromosikan modalitas pembangunan infrastruktur dengan skema kemitraan pemerintah swasta (kps). Melalui penyiapan proyek KPS SPAM Umbulan, Proyek KPS Kereta Api Bandara Soekarno Hatta dan KPD Pengelolaan Sampah Batam, persero juga aktif berpartisipasi dalam pengembangan proyek-proyek. (rzy)

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Geo Dipa-SMI Kembangkan PLTP Dieng 2019 Dimulai, RS Tipe B Tanjung Selor Selesai 2020 Resmikan RSUD Konawe, Sri Mulyani: Uang Pajak Dikembalikan ke Rakyat PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar