Berita


Berharap Rp 348 M Disetujui

Bupati Tunggu Rekomendasi Kemendagri untuk Meminjam pada PT SMI

PROKAL.CO, PENAJAM – Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) masih harap-harap cemas menunggu rekomendasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengenai permohonan pinjaman kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Rekomendasi tersebut rencananya diserahkan kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait pinjaman senilai Rp 348 miliar untuk tujuh proyek multiyears atau tahun jamak.

Bupati Yusran Aspar mengatakan, perwakilan dari Kemendagri sudah datang ke PPU untuk mengecek proyek fisik yang akan dibiayai pada pekan lalu. “Ini sedang berproses. Sekjen (Sekretariat Jenderal) Kemendagri sudah datang ke Penajam. Artinya dulu ‘kan ditolak, sekarang enggak. Artinya masih ada tanda kehidupan lah,” kelakarnya.

Yusran berharap, usulan itu disetujui seluruhnya. Pasalnya, duit sebanyak itu sangat diperlukan untuk membiayai empat proyek yang telah berjalan dan tiga proyek baru. Empat proyek yang masih berjalan adalah pembuatan jalan di Pelabuhan Benuo Taka di Kawasan Industri Buluminung (KIB), akses dari Masjid Ar-Rahman, Kapao hingga KIB, peningkatan jalan dari Masjid Al-Ula sampai Pelabuhan Benuo Taka, peningkatan jalan dari Riko, Gersik, menuju Kubar, serta peningkatan jalan ke arah Jembatan Pulau Balang sebagai akses pendekat.

Adapun tiga proyek baru adalah pembangunan Jalan Jumaiyah di Sungai Parit, akses menuju Pulau Balang, dan Jalan Karang Jinawi. “Mudah-mudahan bisa kami yakinkan. Tapi saya belum bisa pastikan (bisa disetujui sesuai) nominal seperti yang kami usulkan (Rp 348 miliar),” terangnya.

Pada Jumat (28/4), Yusran telah melakukan presentasi mengenai proyek yang akan dibiayai pinjaman PT SMI di Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kemendagri. Presentasi itu merupakan permintaan dari Kemendagri, setelah sebelumnya menerima informasi bahwa rekomendasi atas permohonan pinjaman tidak diterima. Diduga hal itu karena kompetensi kontraktor yang mengerjakan proyek tahun jamak tersebut tidak memenuhi syarat dari Kemendagri. Setelah presentasi, dilanjutkan dengan kunjungan untuk melihat proyek yang akan biayai dengan pinjaman pada Senin (1/5).

 

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal SMI Berfokus Pada Pembiayaan Infrastruktur Pariwisata Sri Mulyani Minta PT SMI Selektif Pilih Proyek yang Akan Didanai Setelah LRT Jabodebek, Ini Proyek Kerjasama Kemenhub dengan SMI