Berita


Berusia Sewindu, Ini Ucapan Selamat Sri Mulyani ke PT SMI

Jakarta – PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) hari ini merayakan hari jadinya yang ke-8 alias sewindu. BUMN di bidang pembiayaan infrastruktur itu merayakan hari jadinya dengan menggelar ‘Sewindu PT SMI – Hari Bakti untuk Negeri’ dengan mengundang berbagai pejabat penting termasuk Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Sri Mulyani mengatakan, sebenarnya usia sewindu merupakan usia yang terbilang masih dini bagi sebuah institusi. Oleh karena itu, SMI masih memiliki banyak waktu untuk terus berkembang.

“Ini masih dini, belum puber. Kalau hewan memang sudah tua banget, kalau institusi masih muda sekali. Jadi tergantung kalau dilihat sebagai institusi SMI masih bayi. Di usia dini kami berharap SMI terus punya keinginan untuk belajar, untuk maju berkembang,” tuturnya di Hotel Ritz Carlton, SCBD, Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Sri Mulyani juga mengimbau, sebagai institusi yang masih belia, SMI bisa belajar dari institusi serupa yang sudah lebih besar. Belajar baik dari sisi kesuksesan maupun kesalahannya.

“Institusi yang baik itu yang mau belajar dan menghindari jatuh ke lobang yang sama dari institusi lain. Belajar dari kesalahaan yang ada di RI maupun di negara lain,” imbuhnya.

PT SMI sendiri didirikan sejak 26 Februari 2009 oleh Kementerian Keuangan. Ada 3 pilah bisnis yang menjadi mandat utama dari SMI, yakni kegiatan pembiayaan dan investasi, pengembangan proyek, serta pemberian layanan jasa konsultasi bagi berbagai proyek infrastruktur di Indonesia.

Pemerintah menyetorkan modal kepada PT SMI sebesar Rp 28,5 triliun, yang mana semuanya telah digunakan untuk mendanai komitmen pembiayaan. Namun menurut Sri Mulyani angka tersebut masih sangat kecil jika dilihat dari kebutuhan dana pembangunan infrastruktur hingga 2019 mencapai ribuan triliun.

“Jadi SMI harus terus menerus berinovasi. Itu yang diharapkan jadi modal dasar pengembangan pendanaan memobiliasi dari market, atau dari internasional. Saya berharap PT SMI terus berinovasi, di dalam instrumen pembiayaannya,” tandasnya.

 

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Geo Dipa-SMI Kembangkan PLTP Dieng 2019 Dimulai, RS Tipe B Tanjung Selor Selesai 2020 Resmikan RSUD Konawe, Sri Mulyani: Uang Pajak Dikembalikan ke Rakyat PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar