Berita


Bontang Pinjam Dana ke SMI, Bunganya 7 Persen per Tahun

KLIKPENAJAM.COM – Pemkot Bontang memilih meminjam dana segar untuk mengatasi defisit anggaran kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Jika terjadi, bunga sebesar 7 persen per tahun harus ditanggung Pemkot.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bontang, Zulkifli. Dijelaskannya, langkah antisipasi perlu dilakukan demi mencegah terjadinya buntut pidana di kemudian hari.

“Karena itulah kita kaji dulu opsi ini. Kita pelajari dulu, apa saja yang harus dipersiapkan agar tidak ada masalah hukum di kemudian hari,” jelasnya kepada Klikbontang.com, Selasa, 27 September 2016.

Meminjam dana dari PT SMI, dianggap menjadi salah satu opsi yang memungkinkan untuk diterapkan di tengah krisis keuangan yang melanda Kota Bontang. Sebab, keuangan daerah yang saat ini diprediksi hanya Rp 1,3 triliun, tidak memungkinkan untuk menjalankan program pembangunan.

Meskipun, sebagai konsekuensi, Pemkot Bontang harus membayar bunga sebesar 7 persen per tahun, sebagai syarat PT SMI bagi para peminjam dana. “Bunga per tahun itu 7 persen. Misalnya ketika kita ajukan Rp100 miliar per tahun. Jadi kita harus siapkan anggaran Rp7 miliar per tahun untuk bayar bunga,” rincinya.

Contoh kegiatan yang berpotensi menjadi alasan peminjaman adalah lanjutan Pasar Rawa Indah Bontang. Kata dia, proyek tersebut bisa dianggarkan karena dokumen perencanaanya telah siap. Demikian halnya dengan proyek fisik Bandar udara (Bandara) Bontang. Menurut dia, tak menutup kemungkinan untuk dapat alokasi dana dari pinjaman itu.

“Kalau pembebasan lahan bandara saya kira belum perlu. Karena sudah ada alokasi khusus untuk itu. Kalau fisik, mungkin saja dianggarkan,” tuturnya.

Ia menuturkan, meminjam dari PT SMI telah menempuh berbagai pertimbangan. Berawal dari pertemuan dirinya dengan salah seorang rekan di Kota Surabaya, belum lama ini.

Kawan yang berdomisili di Kota Palu itu mengabarkan bahwa opsi meminjam ke PT SMI menjadi solusi mengatasi defisit anggaran, di daerahnya.

Salah satu kegiatan yang menjadi sasaran, adalah peningkatan kualitas pelayanan rumah sakit dari tipe C menjadi tipe B. Dari pertemuan itulah, pihaknya lantas mengundang PT SMI untuk melakukan persentase.

“Dari pertemuan itu, mereka mencontohkan Karangasem sebagai salah satu nasabah. Dan saat ini, kita sedang mengkaji untuk meminjam dana. Tapi untuk nilainya, saya belum tahu,” tutupnya.

 

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

55 PPA Bakal Dapat Perhatian Khusus Request for Expressions of Interest: Consulting Services for Detailed Engineering Design (DED) of Road Improvement and Bridge Construction Project Sri Mulyani: Tol Trans Sumatera Berikan Banyak Dampak Positif Danai Tol Trans Sumatera, 7 Bank Kucurkan Rp 8 Triliun ke Hutama Karya Sindikasi 7 Bank & SMI Biaya Tol Trans-Sumatra Garapan Hutama Karya