Berita


Dana PT SMI Cair Rp19 M

BANDARLAMPUNG – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bandarlampung sepertinya harus lebih memacu kinerja. Khususnya terkait penyampaian laporan progres pembangunan fly over. Sebab, hal itu berkaitan dengan pencairan dana pinjaman PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) untuk pembangunan fly over, yang mendekati pertengahan September ternyata tak kunjung cair.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bandarlampung Trisno Andreas menjelaskan, hal tersebut dipengaruhi laporan progres Dinas PU dan kontraktor. Sebab, PT SMI menyalurkan dana sesuai progres yang ada.

’’Pekan lalu, PT SMI telah melakukan cross check ke lapangan atas laporan soal progres. Saat ini PT SMI sedang melakukan analisis hasil progres lapangan tahap demi tahap,” ujar Trisno kemarin.

Hingga kini, sambung dia, dana pinjaman PT SMI cair sebatas yang diperuntukkan pembangunan jalan. Jangankan hendak bicara total pinjaman sekitar Rp237 miliar, khusus alokasi dana untuk perbaikan jalan sebesar Rp91 miliar pun baru cair Rp19 miliar. Sementara Rp146 miliar yang dipinjam untuk pembangunan fly over dan underpass sama sekali belum cair.

Trisno menuturkan, Jumat (8/9) siang dana Rp19 miliar telah masuk rekening kas Pemkot. Karena aturan yang ada tidak memperbolehkan pinjaman berada dalam kas daerah lebih dua hari, di hari yang sama pinjaman tersebut langsung diberikan ke tiga kontraktor jalan yang saat ini melakukan perbaikan dan perawatan di 12 ruas jalan.

Kendati begitu, Trisno tetap berharap akhir tahun seluruh dana pinjaman bisa dicairkan PT SMI. ’’Target Desember bisa selesai. Apalagi kalau perizinannya lancar. Kita akan ajukan addendum ke PT SMI agar segera ada penambahan pencairan dana pinjaman,” sambung dia.

Kunjungan PT SMI menengok proyek yang dibiayai dari dana pinjaman PT SMI diakui Sekretaris Dinas PU Iwan Gunawan. Tim turun meninjau Senin (4/9) hingga Rabu (6/9). Usai meninjau, PT SMI langsung mengeluarkan uang muka.

’’Mereka sudah meninjau semua lokasi, termasuk jalan dan flyover,” ujar Iwan saat dihubungi kemarin.

Kunjungan PT SMI juga telah sampai ke Wali Kota Bandarlampung Herman H.N., meski tak mengetahui secara detail berapa nilai yang telah dicairkan.

’’Iya sudah cair, kita bayar untuk semua kegiatan pembangunan. Saya nggak tahu angkanya, tanyakan ke keuangan. Yang penting jalan harus mulus semua. Harus baik,” jelas Herman ditemui usai melangsungkan kegiatan car free day di Tugu Adipura kemarin.

 

Link

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Geo Dipa-SMI Kembangkan PLTP Dieng 2019 Dimulai, RS Tipe B Tanjung Selor Selesai 2020 Resmikan RSUD Konawe, Sri Mulyani: Uang Pajak Dikembalikan ke Rakyat PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar