Berita


Hari Ini Tim Kemendagri Tinjau Proyek di PPU

Sebelum Menyetujui Pinjaman dari PT SMI

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), memberikan sinyal akan menyetujui rencana pinjaman Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp 348 miliar. Bahkan hari ini, Senin (1/5), tim dari Kemendagri akan meniniau proyek yang berencana akan dibiayai pinjaman tersebut.

Wakil Bupati PPU, Mustaqim MZ menjelaskan, dalam pemaparan di depan tim Kemendagri dan Kemenkeu mereka memberikan sinyal persetujuan pinjaman tersebut. Untuk lebih memastikan maka tim Kemendagri akan meninjau langsung 7 proyek di PPU yang akan dibiayai pinjaman tersebut

“Insya Allah Senin tim Kemendagri akan ke PPU meninjau proyek tersebut. Pada intinya mereka menyetujui pengajuan pinjaman kepada PT SMI,” katanya. Mengenai kapan persetujuan secara tertulis akan diterima, Mustaqim mengatakan belum bisa diperkirakan karena tim harus ke PPU dulu dan selanjutnya akan memproses surat persetujuan itu.

Bahkan setelah kedua kementerian tersebut sudah memberikan persetujuan secara resmi, maka proses pinjaman sudah bisa dilakukan. “Waktu ini kan relatif ya sehingga belum bisa kami prediksi apakah seminggu atau dua minggu prosesnya. Tapi yang jelas mereka sudah memberikan sinyal positif,” jelasnya.

Sementara itu, dalam pemaparan yang dilakukan Bupati Susran Aspar juga dihadiri Wakil Bupati Mustaqim MZ, Ketua DPRD Nanang Ali, Wakil Ketua Sudirman, Sekda Tohar serta sejumlah pimpinan SKPD. Bukan hanya itu, juga hadir Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Elvius Dailami, serta perwakilan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Sementara itu, Bupati Yusran Aspar dalam paparannya mengatakan, latar belakang PPU mengajukan pinjaman ini adalah untuk menutupi kekurangan anggaran , untuk membiayai sejumlah proyek strategis.

Untuk kegiatan yang akan dibiayai lanjutnya, merupakan pembangunan jalan kabupaten kelas A yang merupakan jalan penghubung menuju jalan arteri primer (jalan nasional) menuju kawasan industri dan menuju rute akses kedua proyek strategis nasional yang sedang dibangun. “Kami yakin setelah proyek ini berjalan, maka kami akan mampu melunasi pinjaman tersebut,” kata Yus-ran.

Tribun Kaltim - Hari Ini Tim Kemendagri Tinjau Proyek di PPU

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal SMI Berfokus Pada Pembiayaan Infrastruktur Pariwisata Sri Mulyani Minta PT SMI Selektif Pilih Proyek yang Akan Didanai Setelah LRT Jabodebek, Ini Proyek Kerjasama Kemenhub dengan SMI