Berita


Ikut Biayai Tol Layang Jakarta Cikampek, SMI Jual Obligasi Rp 7 T

PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) kembali melakukan penghimpunan dana dari pasar modal. Kali ini BUMN pembiayaan infrastruktur itu menerbitkan Obligasi Berkelanjutan I Sarana Multi Infrastruktur Tahap II 2017 dengan nilai emisi Rp 7 triliun.

Emisi obligasi tersebut merupakan bagian dari kelanjutan dari Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) Tahap I di 2016, dan bagian dari Penawaran Umum Obligasi Berkelanjutan I Sarana Multi Infrastruktur dengan total nilai emisi sebesar Rp 30 triliun.

“Penerbitan obligasi ini sejalan dengan arahan yang diberikan pemerintah untuk me-leverage modal yang diberikan pemerintah untuk meningkatkan kapasitas pembiayaan infrastruktur,” kata Direktur Utama SMI, Emma Sri Martini di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Obligasi tahap II ini juga mengalami kelebihan permintaan (oversubscribe). Bahkan hampir 30% dari permintaan tersebut berasal dari investor asing.

Obligasi tersebut dibagi atas 3 seri yakni seri A berjangka waktu 1 tahun, seri B 3 tahun dan seri C 5 tahun. Obligasi tersebut kini tercatat di PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Dana hasil obligasi tersebut nantinya akan disalurkan ke 2 proyek infrastruktur strategis yakni ketenagalistrikan dan transportasi seperti jalan tol, pelabuhan dan bandara.

“Market menjadi sumber kami sebagai upaya untuk menjaring dana. Dana itu untuk biayai pembangunan infrastruktur di luar APBN,” imbuhnya.

Sementara Direktur SMI Edwin Syahruzad menambahkan, pihaknya saat ini sudah terlibat berbagai pembiayaan proyek infrastruktur strategis. Termasuk pada pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated.

“Kita banyak terlibat di proyek jalan tol dan kelistrikan, itu termasuk untuk pembangunan konstruksi Jakarta-Cikampek Elevated. Dalam waktu dekat kita juga akan masuk dalam proyek tol lainnya seperti Bakauheni-Terbanggi,” tambahnya.

 

Link

Kembali ke Berita

Berita Terkait

55 PPA Bakal Dapat Perhatian Khusus Request for Expressions of Interest: Consulting Services for Detailed Engineering Design (DED) of Road Improvement and Bridge Construction Project Sri Mulyani: Tol Trans Sumatera Berikan Banyak Dampak Positif Danai Tol Trans Sumatera, 7 Bank Kucurkan Rp 8 Triliun ke Hutama Karya Sindikasi 7 Bank & SMI Biaya Tol Trans-Sumatra Garapan Hutama Karya