Berita


Incar Tol Pandaan-Malang, Jasa Marga Gandeng PTPP Dan SMI

Bisnis.com, JAKARTA—PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggandeng PT Pembangunan Perumahan (Persero) dan PT Sarana Multi Infrastruktur dalam satu konsorsium untuk mengikuti lelang ruas tol Pandaan-Malang sepanjang 37,62 km. Konsorsium ini pun telah dinyatakan lolos prakualifikasi oleh Badan Pengatur Jalan Tol.

Corporate Secretary Jasa Marga Muhammad Sofyan mengatakan, dalam konsorsium tersebut, pihaknya bertindak sebagai pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan 60%. Sementara itu, PT PP memegang saham 35% dan SMI 5%.

“Jadi SMI sebagai investor di proyek tersebut, tetapi bisa juga jadi lender nanti sepanjang bunganya kompetitif,” ujarnya, Senin (21/12/2015).

Dia mengungkapkan strategi struktur pendanaan untuk proyek senilai Rp2,98 triliun itu berasal dari 30% ekuitas pemegang saham, sementara 70% lainnya berasal dari pinjaman, baik itu perbankan maupun lembaga pembiayaan. Besaran bunga yang kompetitif menjadi salah satu pertimbangan dalam melakukan pinjaman.

Pekan lalu, BPJT telah mengumumkan delapan konsorsium yang dinyatakan lolos prakualifikasi dan berhak mengikuti proses lelang selanjutnya. Selain kso JSMR, ketujuh konsorsium tersebut yakni , PT Waskita Toll Road, PT Mahir Jaya Mahakam Raya, konsorsium UEM Group Berhard—PT Nusa Raya Cipta Tbk—PT Karsa Sedaya Sejahtera, dan konsorsium PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero)—PT Nindya Karya (Persero).

Selain itu, juga konsorsium PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk—PT Wijaya Karya (Persero) Tbk—PT Brantas Abipraya (Persero) dan konsorsium Naza Engineering & Construction—PT Daya Mulia Turangga, dan konsorsium HCM Engineering SDN BHD—PT Dewanto Cipta Pratama.

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar Kunjungi Proyek Panas Bumi Sorik Marapi Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal