Berita


Infrastruktur Dipercepat, Lima Proyek Strategis Akan Diuji Coba

JAKARTA— Pemerintah segera menerbitkan kebijakan percepatan pembangunan infrastruktur strategis dalam bentuk peraturan presiden. Terkait langkah itu, ada lima proyek strategis yang akan diuji coba untuk percepatan perencanaan anggaran.

Peraturan presiden (perpres) tentang Percepatan Pembangunan Infrastruktur Strategis sedang disusun. Instruksi presiden perihal penugasan kepada setiap instansi juga sedang disusun.
Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo mengemukakan, dengan perpres tersebut, perencanaan proyek infrastruktur akan dipercepat setiap tahun.

Pada tahap awal, uji coba percepatan pembangunan proyek infrastruktur akan diterapkan untuk lima jenis proyek infrastruktur. Kelima proyek itu adalah galangan kapal, pembangkit listrik, air bersih, kereta api, serta informasi, komunikasi, dan telekomunikasi. Lima jenis proyek ini dipilih karena dianggap paling sulit dan prioritas.

“Diharapkan, perencanaan proyek infrastruktur tahun 2016 bisa dipercepat, yakni bulan Oktober tahun ini, sehingga awal tahun depan proyek sudah bisa dijalankan,” ujar Indroyono di Jakarta, Senin (13/7).
Kajian model percepatan perencanaan pembangunan infrastruktur dikerjakan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Masih rendah
Indroyono menambahkan, penyerapan anggaran infrastruktur pada kementerian dan lembaga hingga Juni 2015 masih sangat rendah, berkisar 6-8 persen dari total anggaran. Sebab, pelaksanaan proyek mundur karena perencanaan dimulai awal tahun.

Perencanaan proyek baru selesai pada Juni sehingga proyek baru bisa dilaksanakan Juli. Akibatnya, proyek infrastruktur dikebut hingga akhir tahun.

Kepala BPPT Unggul Priyanto menuturkan, percepatan perencanaan infrastruktur mencakup studi kelayakan hingga detail rekayasa desain. Konsepnya dilakukan BPPT berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (LKT)

source: Kompas

Kembali ke Berita

Berita Terkait

55 PPA Bakal Dapat Perhatian Khusus Request for Expressions of Interest: Consulting Services for Detailed Engineering Design (DED) of Road Improvement and Bridge Construction Project Sri Mulyani: Tol Trans Sumatera Berikan Banyak Dampak Positif Danai Tol Trans Sumatera, 7 Bank Kucurkan Rp 8 Triliun ke Hutama Karya Sindikasi 7 Bank & SMI Biaya Tol Trans-Sumatra Garapan Hutama Karya