Berita


Jajaki Pinjaman ke PT SMI

Anggaran Pendapatan dan Belaja Daerah (APBD) Berau tahun 2017 diprediksi menurun drastis. Kondisi itu membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau cukup kelabakan. Bahkan, Pemkab sudah punya rencana mengajukan peminjaman dana pada pihak ketiga.

Peminjaman dana, menurut Wakil Bupati Berau Agus Tantomo, untuk menutupi kekurangan dana dari program-program pembangunan yang direncanakan.

Rencananya, Pemkab akan meminjam dana dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), perusahaan pembiayaan infrastruktur berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Walau demikian, Pemkab belum memastikan berapa dana yang akan dipinjam nantinya.

“PT SMI ini memang disediakan untuk membantu pemerintah daerah yang kesulitan keuangan untuk melakukan pembangunan infrastruktur. Saat ini, kami belum bicara angka, karena masih melakukan penjajakan dulu, yang jelas pola pembayarannya dilakukan dengan dicicil,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

“Dalam peminjamannya nanti, pemerintah daerah tidak akan sendirian, karena kami akan melibatkan DPRD juga,” lanjutnya.

Adapun persyaratan untuk melakukan pinjaman, dijelaskan Agus, Pemkab harus memiliki rencana pembangunan dari dana yang akan diambil. Selain itu, proyek yang diajukan juga harus masuk di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), sudah memiliki feasibility study (FS) dan Detail Engineering Design (DED).

Rencananya, pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang baru. “Pembangunannya kan membutuhkan dana yang besar, kalau dibebankan ke APDB pasti susah, makanya rencananya akan kita anggarkan di sana,” tuturnya.

 

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar Kunjungi Proyek Panas Bumi Sorik Marapi Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal