Berita


JSMR Lunasi Utang ke SMI

Pengelola jalan tol milik negara, PT Jasa Marga (Persero) Tbk., melunasi fasilitas pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) senilai Rp 1,08 triliun setelah sehari sebelumnya berhasil mengantongi pinjaman Rp1 triliun.

Berdasarkan laporan keuangan perseroan per 30 Juni 2017, transaksi itu dicatat sebagai peristiwa setelah tanggal periode pelaporan.

Emiten berkode saham JSMR itu mendapatkan pinjaman Rp1 triliun yang terdiri dari pinjaman dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. senilai Rp650 miliar dan dari PT Bank Maybank Indonesia Tbk. senilai Rp350 miliar pada 17 Juli 2017.

Sehari sesudahnya atau 18 Juli 2017, JSMR melunasi fasilitas pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) senilai Rpl,08 triliun.

Berdasarkan laporan keuangan itu, kewajiban jangka pendek JSMR sebesar Rp15,18 triliun dan kewajiban jangka panjang sebesar Rp32,77 triliun. Dengan demikian, secara keseluruhan jumlah kewajiban Jasa Marga Rp47,95 triliun.

Posisi ekuitas Jasa Marga sendiri sebesar Rp17,85 triliun. Apabila jumlah kewajiban dibandingkan dengan ekuitas, rasionya sebesar 2,7:1. Sebagai salah satu strategi, Jasa Marga menetapkan batas rasio utang terhadap ekuitas sebesar 5:1.

Selain itu, untuk mendukung rencana investasi, JSMR juga berencana untuk mencari sumber pendanaan baru selain utang bank. JSMR menjajaki pilihan sekuritisasi aset dan penerbitan obligasi prowk

Sekretaris Perusahaan Jasa Marga Agus Setiawan memaparkan sekuritisasi aset dengan target dana Rp2 triliun itu berbasis pendapatan dari ruas tol Jagorawi pada masa mendatang atau future revenue base securities.

“Yang mana saat ini masih dalam proses finalisasi registrasi ke OJK,” papar Agus melalui keterangan tertulis, akhir pekan lalu.

Sementara itu, perusahaan juga tengah menyiapkan obligasi proyek yang sedang dalam tahap persiapan dan konsultasi dengan lembaga terkait.

 

Bisnis Indonesia - JSMR Lunasi Utang ke SMI

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Dirut SMI Bakal Tegas Pecat Pegawai Penyebar Kebencian Kunjungi Proyek Panas Bumi Sorik Marapi Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal SMI Berfokus Pada Pembiayaan Infrastruktur Pariwisata