Berita


Kapasitas Pembiayaan SMI Bisa Capai Rp 150 Triliun

JAKARTA – Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menilai PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) akan memiliki kapasitas pembiayaan infrastruktur mencapai Rp 150 triliun.

Kapasitas tersebut akan terjadi ketika SMI sudah menjadi satu dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP) dalam waktu dekat ini. Sebab, SMI nantinya akan mendapatkan aset PIP dan Penyertaan Modal Negara (PMN). “Sangat besar (kapasitasnya). SMI ini modal awal nanti Rp 25 triliun setelah ada pengalihan, sehingga bisa leverage enam kali atau lebih, bisa membiayai Rp 150 triliun proyek,” tutur Bambang, Jakarta, Kamis (2/4/2015).

Dalam menunjang modal pembiayaan selanjutnya, kata Bambang, SMI nantinya akan mengandalkan sumber dana dari penerbitan surat utang dengan nilai yang cukup besar. “Dengan statusnya sebagai lembaga infrastruktur dengan modal besar, dia akan mengeluarkan obligasi dalam jumlah yang besar. Seperti World Bank ADB saja,” turturnya.

Untuk diketahui, pengalihan aset PIP ke SMI ditargetkan akan rampung Agustus 2015, sehingga pada September 2015 SMI dapat menjalankan fungsi barunya. Pengalihan aset tersebut merupakan proses transformasi PT SMI menjadi Lembaga Pembiayaan Pembangunan Indonesia (LPPI).

Penulis: Seno Tri Sulistiyono

Kembali ke Berita

Berita Terkait

PT SMI Kucurkan Pinjaman Rp 450 Miliar ke Kabupaten Muba 55 PPA Bakal Dapat Perhatian Khusus Request for Expressions of Interest: Consulting Services for Detailed Engineering Design (DED) of Road Improvement and Bridge Construction Project Sri Mulyani: Tol Trans Sumatera Berikan Banyak Dampak Positif Danai Tol Trans Sumatera, 7 Bank Kucurkan Rp 8 Triliun ke Hutama Karya