Berita


Lagarde sebut Sarana Infrastruktur jadi Kebutuhan Vital

Metrotvnews.com, Jakarta: Pertumbuhan ekonomi menjadi momentum dalam memperbaharui sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia agar mampu menciptakan target yang lebih tinggi di masa mendatang.

Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde mengatakan hal tersebut bisa dilakukan dengan menggenjot pembangunan infrastruktur. Menurut dia, pembangunan infrastruktur kini sangat penting bagi Inodnesia untuk menghubungkan 17.000 pulau yang dimiliki.

“Infrastruktur yang modern dan efisien sangat vital untuk menghubungkan masyarakat dan pelaku ekonomi baik dalam negeri dan dunia luar,” katanya dalam kuliah umum di Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (1/9/2015).

Wanita kelahiran Paris, Prancis ini memuji Presiden Joko Widodo yang dalam pemerintahannya fokus untuk mendorong pembangunan infrastruktur, dibuktikan dengan bertambahnya anggaran dalam pos infrastruktur.

“Presiden Jokowi sudah mengutamakan pengembangan infrastruktur sebagai kebijakan utama. Dalam empat tahun mendatang, belanja infrastruktur akan didorong tinggi,” ujarnya.

Dia menjelaskan perbaikan kualitas infrastruktur bisa mengurangi kesenjangan antarpulau di Indonesia, terutama sektor logistik dan kelistrikan.

“Sebagai contoh, biaya logistik mewakili 24 persen pertumbuhan ekonomi Indonesia, bandingkan dengan Malaysia yang hanya 13 persen,” katanya.

Belum lagi dengan tingkat elektrifikasi yang baru mencapai 80 persen dari total kebutuhan listrik. Hal ini harus segera dibenahi karena hal ini dapat mengurangi biaya logistik dan kelistrikan untuk merangsang banyak lapangan kerja di sektor manufaktur dan jasa.

“Kemungkinan untuk mendapat klien internasional juga semakin terbuka lebar,” pungkasnya.

sumber: http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2015/09/01/426831/lagarde-sebut-sarana-infrastruktur-jadi-kebutuhan-vital

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal SMI Berfokus Pada Pembiayaan Infrastruktur Pariwisata Sri Mulyani Minta PT SMI Selektif Pilih Proyek yang Akan Didanai Setelah LRT Jabodebek, Ini Proyek Kerjasama Kemenhub dengan SMI