Berita


Menkeu harapkan SMI lakukan inovasi pembiayaan infrastruktur

Jakarta (ANTARA News) – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengharapkan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) terus melakukan inovasi dalam struktur pembiayaan untuk mendorong optimalisasi pembangunan infrastruktur di Indonesia.

“SMI bisa belajar mencari inovasi agar upaya mobilisasi dana dilakukan secara maksimal, inovatif, kreatif, prudent dan akuntable serta bisa dipertanggungjawabkan dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian,” kata Sri Mulyani dalam acara Sewindu PT SMI di Jakarta, Rabu.

Sri Mulyani mengatakan inovasi dalam pembiayaan ini harus dilakukan untuk menunjang proyek infrastruktur, karena saat ini dana pemerintah melalui APBN maupun APBD masih terbatas, padahal sarana infrastruktur tersebut dibutuhkan masyarakat.

“Saya senang SMI melakukan inovasi untuk mobilisasi pendanaan dari pasar dan masyarakat untuk ikut serta dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, karena memang APBN dan APBD tidak mungkin menyelesaikan pembangunan tepat waktu dan cukup cepat,” katanya.

Sri Mulyani mengharapkan melalui inovasi tersebut, PT SMI bisa ikut terlibat mulai dari perencanaan dan memimpin pelaksanaan pembangunan tersebut sejak groundbreaking” hingga keseluruhan proyek itu selesai dan siap digunakan.

“SMI sudah memiliki modal besar, tapi tidak cukup besar untuk mendukung kebutuhan pembiayaan infrastruktur yang mencapai ribuan triliun, sehingga memang SMI merupakan produk institusi yang harus berinovasi,” tambahnya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada PT SMI yang telah melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk membangun sarana infrastruktur yang bermanfaat guna mengurangi tingkat kemiskinan dan kesenjangan.

“Pemda yang ingin dan berinisiatif membangun infrastruktur mengharapkan adanya inovasi yang bisa diperkenalkan untuk mengatasi kendala pembangunan. Untuk itu dibutuhkan sikap terbuka dan inovatif dalam melihat pembiayaan,” ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani menginginkan berbagai inovasi pembiayaan tersebut bisa dijalankan dengan tata kelola yang memadai agar kebutuhan infrastruktur di Indonesia bisa terpenuhi dan bersaing dengan negara G20 maupun negara ASEAN.

Direktur Utama PT SMI Emma Sri Martini menambahkan pihaknya akan terus berkomitmen mendukung pelaksanaan proyek infrastruktur melalui inovasi pembiayaan, salah satunya melalui pengembangan Unit Usaha Syariah.

 

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar Kunjungi Proyek Panas Bumi Sorik Marapi Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal