Berita


Menkominfo Kebut Program Palapa Ring

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berkomitmen mengebut program Palapa Ring. Program yang penamaannya diambil dari Sumpah Palapa Maha Patih Gajah Mada itu belum bisa dinikmati lebih dari 100 kabupaten/kota karena ketidaksiapan infrastruktur.

Ketidaksiapan infrastruktur berakibat pada belum bisa dijalankannya konten yang dihadirkan pegiat digital. “Pada 2019 insya Allah semua kabupaten dan kota sudah terhubung internet dengan kecepatan tinggi atau broadband,” ujar Rudiantara saat menghadiri Dialog Bangkit Indonesia dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-109 di area CFD, Jakarta Pusat, Minggu 21 Mei 2017.

Komitmen itu disampaikan di hadapan pegiat media sosial dan teknologi serta komunitas digital. Acara ini juga dilaksanakan melalui live streaming yang menghubungkan Jakarta dengan Bandung dan Yogyakarta.

Palapa Ring merupakan suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau 34 provinsi di 440 kota/kabupaten seluruh Indonesia. Proyek ini menggunakan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer. Sedangkan kabel di daratan mencapai 21.807 kilometer.

Efisiensi pengiriman informasi dinilai penting di era digital. Itu menjadi penting mengingat perkembangan informasi yang super cepat saat ini.

Tak hanya dialog, acara juga diisi dengan pembagian 1.500 angklung dari Saung Angklung Udjo untuk pengunjung CFD. Angklung juga dimainkan bersama untuk menunjukkan harmonisasi dan kesatuan Indonesia.

 

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal SMI Berfokus Pada Pembiayaan Infrastruktur Pariwisata Sri Mulyani Minta PT SMI Selektif Pilih Proyek yang Akan Didanai Setelah LRT Jabodebek, Ini Proyek Kerjasama Kemenhub dengan SMI