Berita


Menteri Bambang Dorong SMI Jadi Bank Pembangunan

JAKARTA – PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) akan melakukan trannsformasi menjadi Lembaga Pembiayaan Pembangunan Indonesia (LPPI) atau bank infrastruktur. Usai bertransformasi, bank infrastruktur bakal menggarap proyek infrastruktur yang membutuhkan pendanaan.

Hanya saja, menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro, SMI sebaiknya melakukan transformasi menjadi bank pembangunan. Hal ini pun nantinya dimungkinkan apabila SMI ingin mendanai proyek secara lebih luas.

“Dia hanya fokus pada infrastuktur, dan dia hanya pinjaman kepada modal kerja. Tapi kan di RUU itu meng-upgrade untuk jadi bank pembangunan,” tutur Bambang di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (26/10/2016).

Menurutnya, selama ini banyak proyek yang membutuhkan dana. Di antaranya adalah proyek pertanian dan perkebunan. Untuk itu, butuh sumber pendanaan lebih luas dari pemerintah.

“Paling bagus bank pembangunan. Karena kan yang hanya butuh dana enggak infrastuktur. Jadi RUU-nya untuk itu sudah kita siapkan dan terserah Menteri Keuangan akan melanjutkan atau enggak,” tutupnya.

 

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar Kunjungi Proyek Panas Bumi Sorik Marapi Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal