Berita


Pemkab Bersama PT SMI Tinjau Beberapa Proyek Strategis di PPU

BERITAPENAJAM.com- Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melakukan peninjauan beberapa proyek strategis daerah bersama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), Rabu (1/6/2016).

Kunjungan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Alimuddin, Kepala Bagian Pembangunan Edi Subiantoro, anggota DPRD dari fraksi PKS mewakili Komisi III Wakidi dilakukan dalam rangka memberikan gambaran kepada PT SMI tentang proyek-proyek strategis daerah yang membutuhkan pembiayaan yang cukup besar yang tidak tercover oleh APBD.

Kepala Bagian Pembangunan Edi Subiantoro menjelaskan bahwa PT SMI merupakan sebuah perusahaan BUMN yang ditunjuk Kementerian Keuangan untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur Pemerintah di daerah.

“Pemerintah Kab PPU akan mengajukan beberapa proyek strategis untuk mendapatkan pembiayaan dari PT SMI. Nilai pembiayaan yang akan diajukan belum dipastikan jumlahnya, mengingat ini baru tahap awal pengenalan proyek-proyek yang akan diajukan”. Jelas Edi.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Alimuddin menjelaskan bahwa rencana pengajuan pembiayaan kepada PT SMI ini adalah sebagai salah satu alternatif Pemerintah Daerah dalam mengatasi kekurangan anggaran untuk pembiayaan beberapa proyek-proyek strategis daerah yang sedang dikerjakan maupun yang belum dikerjakan.

“Kondisi keuangan daerah saat ini tidak cukup memungkinkan untuk mendanai kegiatan-kegiatan yang sudah berjalan maupun yang direncanakan namun demikian kita harus tetap berjalan. Maka dari itu PT SMI datang kesini untuk melihat kondisi-kondisi mana yang layak untuk diberikan pembiayaan. Dan untuk mendapatkan pembiayaan tersebut masih banyak beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan seperti FS, kajian sosial ekonomi dan fisik.” Jelas Alimuddin

Ditempat yang sama, Wakidi menyatakan apresiasi atas alternatif pembiayaan yang direncana oleh Pemerintah Kab PPU ini.

“Ini adalah upaya pemerintah kita untuk mencari alternatif untuk menutupi kekurangan pembiayaan proyek-proyek yang sedang berjalan maupun yang direncanakan. Meskipun kita belum tahu mekanisme pembiayaannya seperti apa, saya mengapresiasi rencana ini sambil nanti dipelajari lagi teknis-teknis pembiayaannya seperti apa.” Ungkap Wakidi.

Sebagai tindak lanjut dari peninjauan proyek-proyek strategis ini akan dilakukan presentasi dan audiensi lebih lanjut dengan PT SMI mengenai alternatif pembiayaan daerah dalam rangka pengembangan wilayah dan percepatan infrastruktur strategis yang Kab PPU di ruang kerja Bupati Kamis (2/6) besok.

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Geo Dipa-SMI Kembangkan PLTP Dieng 2019 Dimulai, RS Tipe B Tanjung Selor Selesai 2020 Resmikan RSUD Konawe, Sri Mulyani: Uang Pajak Dikembalikan ke Rakyat PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar