Berita


Pemkab/Pemkot Didorong Utang ke Bank

Gubernur Ganjar Pranowo mengingatkan pekerjaan rumah yang belum dituntaskan oleh para bupati/wali kota. Dia menekankan agar pembangunan di kabupaten/kota diakselerasi atau dipercepat.

Langkah yang bisa ditempuh antara lain dengan meminjam uang ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) atau Bank Jateng. Saat ini yang sudah melakukan adalah Temanggung. Dana pinjaman digunakan untuk membangun rumah sakit.

Adapun Sragen dan Grobogan menggunakan pinjaman untuk membangun infrastruktur. Mereka meminjam Rp 200-300 miliar dari Bank Jateng. Hal tersebut dikatakan Ganjar saat melantik Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dan wakilnya Syamsul Aulia Rachman serta Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz di Gradhika Bhakti Praja Semarang, Minggu (19/11).

Tatto dan Aulia Rahman dilantik setelah masa jabatan pejabat sebelumnya, Tatto dan Wakil Bupati Akhmad Edi Susanto, habis. Tatto yang memenangi pilkada Februari lalu menduduki jabatan bupati untuk periode kedua. Adapun Wakil Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz menjadi orang nomor satu di Kota Pekalongan setelah Wali Kota Achmad Alf Arslan Djunaid meninggal, beberapa waktu lalu.

Terobosan

Menurut Ganjar, dana pinjaman tersebut bisa digunakan untuk pembangunan yang diprioritaskan dalam waktu satu tahun. Ini bisa mempercepat program-program yang kalau didanai APBD kabupaten/kota akan membutuhkan waktu setidaknya 2-3 tahun. “Kalau cara pengelolaan keuangan bergantung pada pendapatan, maka terobosan sulit dilakukan. Kecuali kalau ada anggaran besar. Ada cara ini (utang), pengembaliannya bisa dicicil dalam satu periode jabatan,” jelas Ganjar

Selain itu, dia juga mengingatkan kepala daerah agar mengantisipasi kasus kematian ibu hamil/- melahirkan dan angka kematian bayi, serta penurunan kemiskinan dan penanganan bencana alam. “Saat ini sudah memasuki musim hujan, pekerjaan rumah yang berat bagi Cilacap. Saya dilapori terjadi banjir. Karena itu, betul-betul butuh koordinasi agar bisa mengambil tindakan,” katanya.

 

Suara Merdeka - Pemkab-Pemkot Didorong Utang ke Bank

Kembali ke Berita

Berita Terkait

55 PPA Bakal Dapat Perhatian Khusus Request for Expressions of Interest: Consulting Services for Detailed Engineering Design (DED) of Road Improvement and Bridge Construction Project Sri Mulyani: Tol Trans Sumatera Berikan Banyak Dampak Positif Danai Tol Trans Sumatera, 7 Bank Kucurkan Rp 8 Triliun ke Hutama Karya Sindikasi 7 Bank & SMI Biaya Tol Trans-Sumatra Garapan Hutama Karya