Berita


Persetujuan Pinjaman ke SMI Oleh DPRD Masih Ditunggu Pemkab PPU

KLIKPENAJAM.COM – Upaya Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) untuk membiayai sejumlah pembangunan melalui pinjaman PT Sarana Multi Insfrastruktur (SMI) masih dalam proses. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) PPU Alimuddin, sangat berharap dana pinjaman ini mendapat persetujuan Legislatif dalam waktu dekat, mengingat berbagai proses administrasi yang disyaratkan SMI telah dilalui Pemkab PPU hingga saat ini.

“Kami telah melakukan proses administrasi, dari hasil pembicaraan dengan pihak PT SMI. Rencananya kita mendapatkan dana 348 Miliar Rupiah. Itu hasil hitungan mereka, dengan perhitungan penundaan Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH) migas yang tidak disalurkan tahun ini,” kata Alimuddin, Rabu 15 November 2016 lalu.

Dijelaskannya dana 348 Miliar itu akan digunakan untuk membiayai proyek multiyears atau kontrak tahun jamak yang kini sudah mulai berjalan.

“Ada empat kegiatan proyek Multiyears yang akan kita kejar, ditambah tiga kegiatan baru. Masalahnya sekarang, SMI hanya tinggal menunggu hasil persetujuan dari DPRD sini,” katanya.

Empat proyek tersebut diantaranya akses jalan menuju pelabuhan Benuo Taka, Peningkatan jalan Mesjid Ar’ Rahman, peningkatan jalan Mesjid Al’ Ula, dan akses jalan Riko-Gersik .

Alimuddin sangat berharap Pemerintah Daerah dan DPRD duduk bersama, mengingat bantuan SMI sangat meringankan beban Pemerintah Daerah untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur pada tahun 2017 mendatang.

“Dengan dana ini, program pembangunan yang sedang berjalan saat ini tidak terhambat dan yang baru pun bisa berjalan. Harapan saya DPRD dan Pemerintah Daerah bisa lakukan pembicaraan guna persetujuan peminjaman dana ini. Sebab kita sudah diberi peluang, sementara banyak daerah lain yang tak diberi SMI,” lanjut Alimuddin.

Sementara itu untuk proyek kegiatan baru yang akan dibiayai dana SMI antara lain jalan Jumaiyah di Sungai Parit, akses jalan menuju Pulau Balang dan jalan Karang Jinawi.

“Persetujuan dari SMI sampai dalam satu dua hari ini, karena janji mereka seperti itu. Persetujuan ini sangat kita butuhkan untuk dimasukkan pada batang tubuh penerimaan APBD 2017,“ tuturnya.

 

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal SMI Berfokus Pada Pembiayaan Infrastruktur Pariwisata Sri Mulyani Minta PT SMI Selektif Pilih Proyek yang Akan Didanai Setelah LRT Jabodebek, Ini Proyek Kerjasama Kemenhub dengan SMI