Berita


Pinjaman ke SMI Disetujui, APBD PPU 2017 Bertambah 348 Miliar

KLIKPENAJAM.COM – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) tahun 2017, naik menjadi Rp1,42 triliun dari sebelumnya Rp1,07 triliun. Kenaikan ini setelah adanya pinjaman dana PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp348 miliar.

Dijelaskan Sekretaris Kabupaten PPU Tohar, opsi peminjaman dana ke PT SMI akhirnya bisa dilakukan setelah adanya persetujuan DPRD atas usulan yang sebelumnya diajukan pemerintah tersebut, hingga kemudian masukkan dalam batang tubuh APBD 2017.

“Setelah adanya persetujuan DPRD, akhirnya opsi peminjaman ke SMI bisa kita lakukan. Makanya ada penambahan APBD tahun 2017 yang ditopang dana pinjaman tersebut,” ungkapnya.

Diakui Tohar, pembahasan peminjaman SMI ini menjadi salah satu hal penyebab keterlambatan pembahasan APBD 2017. Sebab menunggu keputusan dan persetujuan DPRD PPU. Disamping itu, keterlambatan juga dipengaruhi adanya perubahan sistem pengelolaan keuangan menjadi penganggaran secara elektronik (e-budgeting).

“Tapi saat ini semuanya sudah rampung. Baik e-budgeting maupun opsi peminjaman ke SMI,” tambahnya.

Selanjutnya, pembahasan ulang APBD 2017 Kabupaten akan segera disampaikan kepada Pemprov Kaltim untuk dilakukan evaluasi dan dikonsultasikan ke Kementerian Dalam Negeri.

“Kami harap evaluasi APBD 2017 dapat segera rampung. Kalaupun ada masalah, kemungkinan tidak terlalu besar dan bisa segera diperbaiki,” terang Tohar.

 

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Dirut SMI Bakal Tegas Pecat Pegawai Penyebar Kebencian Kunjungi Proyek Panas Bumi Sorik Marapi Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal SMI Berfokus Pada Pembiayaan Infrastruktur Pariwisata