Berita


Presiden Jokowi Resmikan Ruas Tol Pejagan–Pemalang

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo meresmikan beroperasinya jalan tol ruas Pejagan-Pemalang Seksi I dan II (Pejagan-Brebes Timur), serta integrasi jalan tol ruas Jakarta-Cikampek, Cipularang, Padaleunyi, dan Cipali di Brebes, Jawa Tengah, Kamis (16/6) sore.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengemukakan, bahwa pembangunan jalan tol Pejagan-Pemalang itu sudah ditetapkan investornya 26 tahun lalu. Namun tidak segera dibangun karena terkendala malah tanah, masalah pembebasan lahan.

“Sore ini alhamdulillah Seksi I dan II sepanjang 20 kilometer segera diresmikan. Besok pagi peletakan batu pertama yang Batang – Semarang dan diupayakan selesai 2018,” kata jokowi seperti dikutip dari laman Setkab.go.id, Kamis (16/6/2016).

Presiden menargetkan selanjutnya, pembangunan jalan tol di ruas ujung Jawa Barat dan Jawa Timur akan bisa diselesaikan pada tahun 2018 mendatang.

“Target di ujung Jawa Barat dan Timur, akhir 2018 akan selesai, dan semua akan tersambung dan dilanjutkan ke Sumatera,” papar Presiden seraya menyebutkan bahwa pembangunan jalan tol di ruas Sumatera sudah berjalan.

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi juga menitipkan bahwa pembangunan harus dicek jangan hanya peletakan batu pertama saja. “Para menteri harus mengecek dan semua proyek selesai tidak mangkrak,” pintanya.

Permasalahan di lapangan, lanjut Presiden, harus segera diselesaikan dan bermanfaat bagi rakyat.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan jalan tol di Jawa Tengah beritanya sudah dimulai 1996 dan kemudian 1998.

“Hal itu tertunda dan baru 2007-2008 berita itu terdengar lagi namun belum berjalan kembali. Setelah Presiden Jokowi dilantik berita tentang jalan tol dibangun digaungkan kembali,” jelas Wagub.

Pembangunan jalan tol, menurut Wagub, telah meyakinkan warga bahwa hal ini benar-benar dilaksanakan. “Warga Jawa Tengah berterima kasih atas pembangunan jalan tol ini,” pungkas Heru.

Saat meresmikan jalan tol tersebut, Presiden Jokowi, selain bersama Ibu Negara Iriana juga didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Wagub Jawa Tengah Heru Sudjatmoko, dan Bupati Brebes Idzah Triyanti.

 

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Geo Dipa-SMI Kembangkan PLTP Dieng 2019 Dimulai, RS Tipe B Tanjung Selor Selesai 2020 Resmikan RSUD Konawe, Sri Mulyani: Uang Pajak Dikembalikan ke Rakyat PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar