Berita


Presiden tegaskan tol laut kurangi biaya transportasi

Makassar – Presiden Joko Widodo menyatakan pembagunan Tol Laut merupakan salah satu solusi untuk menekan biaya trasportasi yang menjadi permasalahan utama di Indonesia. Menurut dia, bila tol laut berjalan nantinya maka akan ada konektivitas antara pulau-pulau sehingga dianggap akan menurunkan biaya transportasi serta biaya logistik akan turun bahkan produk-produk yang tadinya mahal akan jauh lebih murah.

“Kita ingin menurunkan biaya transportasi, bila dibandingkan dengan negara lain kita jauh lebih mahal tiga kali lipat. Itulah yang ingin kita kerjakan membagun tol laut dari Timur ke Barat, Barat ke Timur,” ujar Presiden Jokowi di Pelabuhan Rakyat Paotere Makassar, Jumat.

Selain itu katamya, dengan tol laut tersebut kemudahan distribusi di berbagai daerah akan membuat Indonesia dapat bersaing pada Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sehingga Indonesia tidak akan tertekan malah akan bersaing dengan negara-negara maju lainnya di dunia.

Pengembangan pelabuhan bongkar muat, lanjutnya, mulai dibangun dari ujung barat hingga ke daerah Timur Indonesia. Untuk Makassar New Port pemerintah mengharapkan Pelindo IV diharapkan mampu meningkatkan bongkar muat barang dari 560.000 unit kointainer atau Teus per tahun meningkat menjadi 4,2 juta Teus per tahun.

Pada pelabuhan Kuala Tanjung pemerintah menyiapkan lahan seluas 2.200 hektare, sementara di pelabuhan Tanjung Priok akan ditingkatkan dari 5,5 Teus naik mencapai 15 Teus per tahun. Sedangkan di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jokowi menargetkan peningkatan dari 1,5 Teus menjadi 4,2 Teus per tahun.

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/497650/presiden-tegaskan-tol-laut-kurangi-biaya-transportasi

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Dirut SMI Bakal Tegas Pecat Pegawai Penyebar Kebencian Kunjungi Proyek Panas Bumi Sorik Marapi Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal SMI Berfokus Pada Pembiayaan Infrastruktur Pariwisata