Berita


PT SMI Biayai Hutama Karya Bangun Jalan Tol Trans Sumatera

TEMPO.CO, Jakarta – PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) memberikan pinjaman senilai Rp 1,24 triliun kepada PT Hutama Karya untuk proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Palembang-Simpang Indralaya. Penandatanganan perjanjian pinjaman tersebut disaksikan langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

“Sinergi ini baik dilakukan karena sektor infrastruktur selalu membutuhkan kolaborasi,” ujar Basuki dalam acara yang dilakukan di gedung Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada Rabu malam, 11 November 2015.

Proyek Jalan Tol Palembang-Indralaya yang panjang totalnya 22 kilometer ini bernilai total Rp 3,3 triliun.

Pinjaman ini merupakan yang kedua setelah Agustus 2015 SMI juga menandatangani perjanjian pinjaman senilai Rp 480 miliar dengan Hutama Karya untuk proyek pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai sepanjang 16,6 kilometer.

Direktur Utama PT SMI Emma Sri Martini mengatakan bahwa perjanjian ini merupakan bukti nyata peran katalis perusahaannya terhadap pengembangan proyek infrastruktur pemerintah. “Pinjaman yang kami beri memiliki tenor panjang, yaitu 25 tahun, sehingga Hutama Karya selaku debitor kami bisa lebih leluasa mengelola asetnya,” katanya.

Pengerjaan Jalan Tol Palembang-Indralaya akan dibagi dalam tiga seksi. Seksi 1 untuk Palembang-Pemulutan sepanjang 7,1 kilometer, seksi 2 untuk Pemulutan-Kota Terpadu Mandiri (KTM) sepanjang 4,9 kilometer, dan seksi 3 untuk KTM-Indralaya sepanjang 9,9 kilometer.

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal SMI Berfokus Pada Pembiayaan Infrastruktur Pariwisata Sri Mulyani Minta PT SMI Selektif Pilih Proyek yang Akan Didanai Setelah LRT Jabodebek, Ini Proyek Kerjasama Kemenhub dengan SMI