Berita


PT SMI Kucurkan Pinjaman Rp 450 Miliar ke Kabupaten Muba

PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) menyetujui pemohonan pinjaman yang diajukan Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex untuk pembangunan dan perbaikan infrastruktur di Kabupaten Muba. Kabupaten Musi Banyuasin mendapat pinjaman sebesar Rp 450 miliar.

Pekan lalu, dua hari sebelum cuti untuk mengikuti pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pemilihan Gubernur Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) 2018 Bupati Muba Dodi Reza Alex dan Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI Edwin Syahruzad menandatangani Perjanjian Pembiayaan Pembangunan/Peningkatan Jalan dan Jembatan.

Dana tersebut untuk percepatan pembangunan dan pembenahan infrastruktur di Musi Banyuasin. “Dengan dana tersebut kami bisa menuntaskan pembenahan pembangunan infrastruktur hanya dalam waktu dua tahun,” kata Dodi Reza Alex, Ahad (18/2).

Mantan Wakil Ketua Komisi VI DPR tersebut menjelaskan, kondisi jalan kabupaten di Muba ada 60 persen dalam kondisi mantap dan sisanya membutuhkan perbaikan. Menurut Dodi, jika perbaikan jalan tersebut menggunakan APBD maka butuh waktu tiga tahun.

Perbaikannya tidak bisa sekaligus, hanya parsial saja. Satu ruas diperbaiki tahun ini, ruas lain tahun berikutnya. “Saat memperbaiki ruas tersebut, jalan yang diperbaiki tahun lalu kembali rusak. Dengan memanfaatkan dana PT SMI perbaikan tersebut bisa dilaksanakan pada tahun yang sama,” ujarnya.

Dengan pinjaman dari PT SMI tersebut, Dodi optimistis perbaikan infrastruktur bisa tuntas dalam waktu dua tahun. “Semua infrastruktur dibenahi dalam waktu bersaman sehingga distribusi berbagai hasil produksi warga, seperti produksi pertanian dan perkebunan dari pelosok bisa dengan mudah masuk ke pasar,” katanya.

Kabupaten Musi Banyuasin di Sumsel merupakan daerah pertama yang memanfaatkan fasilitas PT SMI untuk pembangunan infrastruktur. Untuk mendapat pinjaman dari PT SMI menurut Dodi Reza Alex telah mendapat persetujuan DPRD Muba.

Menurut Dodi, untuk membangun infrastruktur dengan memanfaatkan dana PT SMI memang dianjurkan Presiden Joko Widodo. Presiden Joko Widodo telah menawarkan kepada pemerintah daerah untuk mendapat pinjaman dari PT Sarana Multi Infrakstruktur sebagai alternatif pembiayaan bagi daerah yang ingin membangun infrastruktur.

“Pesan Presiden, daerah harus melakukan inovasi pembiayaan seperti untuk pembangunan infrastruktur, pasar dan rumah sakit bisa meminjam ke PT SMI,” kata Dodi.


Link

Kembali ke Berita

Berita Terkait

PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar Kunjungi Proyek Panas Bumi Sorik Marapi Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal