Berita


PT SMI Selesaikan Studi Kelayakan Proyek Kereta Ekspres Bandara Halim-Soetta

Jakarta – PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI) selesaikan studi kelayakan proyek kereta ekspres rute Bandara Halim Perdanakusuma-Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) sepanjang 33 kilometer (km). Sekarang proyek ini telah diserahkan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (SMI), Emma Sri Martini, dalam Seminar Financing Smart City Development di Hotel Crowne, Jakarta, Kamis (28/1/2016).

PT SMI, sebelumnya bertugas merencanakan dan mempersiapkan pengembangan proyek kereta ekspres, sedangkan pembangunan nantinya menjadi tanggung jawab Kemenhub.

“Jadi perbantuan fasilitas dari PT SMI sudah selesai, sudah diterima oleh Kemenhub, dan Kemenhub akan menindaklanjutinya,” tambahnya.

Seperti diketahui, kereta ekspres rute Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Bandara Halim Perdanakusuma sepanjang 33 km membutuhkan investasi sekitar US$ 2 miliar atau sekitar Rp 28 triliun (asumsi US$ 1 = Rp 14.000). Pembiayaan ini rencananya dilakukan oleh pemerintah dan investor dengan skema Public Private Partnership (PPP). Saat beroperasi, kereta yang dirancang memiliki kecepatan 135 Km per jam ini, bisa menghubungkan antara Bandara Soetta-Halim dan sebaliknya dalam waktu 35 menit.

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

55 PPA Bakal Dapat Perhatian Khusus Request for Expressions of Interest: Consulting Services for Detailed Engineering Design (DED) of Road Improvement and Bridge Construction Project Sri Mulyani: Tol Trans Sumatera Berikan Banyak Dampak Positif Danai Tol Trans Sumatera, 7 Bank Kucurkan Rp 8 Triliun ke Hutama Karya Sindikasi 7 Bank & SMI Biaya Tol Trans-Sumatra Garapan Hutama Karya