Berita


Rencana Ajukan Pinjaman, Pemkab Tunggu Persetujuan Dewan

KLIKPENAJAM.COM – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Penajam Paser Utara (PPU) mulai menghitung perkiraan nilai peminjaman yang rencananya akan dilakukan Pemerintah. Opsi ini terpaksa diambil, bagi kesinambungan pemerintahan dan pembangunan.

Diperkirakan Bappeda, pemerintah akan mengambil pinjaman antara 400 hingga 500 miliar Rupiah, untuk menutupi seluruh pembiayaan Pemerintah Daerah.

“Angka tersebut masih masuk akal, guna menutupi kekurangan anggaran proyek di pemerintah daerah,” ujar Kepala Bappeda PPU Puguh Sumitro, kepada KlikPenajam, Rabu 14 September 2016.

Kendati begitu, proses peminjaman menurutnya tak serta merta langsung diproses, mengingat PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) yang rencananya akan memberikan pinjaman, juga melihat track record keuangan PPU.

“Prestasi pemasukan keuangan dan lain-lain dipelototi. Dilihat track recordnya, baik atau tidak,” ucap Puguh.

Selain itu, dari sisi pemerintah juga harus melakukan koordinasi dengan legislatif, untuk rekomendasi peminjaman. Termasuk konstelasi perpolitikan daerah.

“Kita lihat dulu, ini kan masih rencana. Tapi kalau dilihat keuangan kita bagus saja (track Record),” imbuhnya.

Selanjutnya, proses dapat menggunakan konsep zero atau penyeimbang keuangan yang dijalankan, yakni pengosongan keuangan yang ada, lalu memasukkan poin penting yang sekira mendesak dijalankan. Dari hasil tersebut, turut dihitung pendapatan riil Pemerintah.

“Kalau kurang, baru kita pikirkan apakah peminjaman dilanjutkan atau tidak,” tandasnya.

Ditambahkan, pendidikan dan kesehatan untuk tahun 2017 tetap menjadi prioritas Pemerintah, disamping proyek multiyears yang juga berjalan.

“Multiyears juga kita kejar kontraknya,” pungkasnya.

 

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Geo Dipa-SMI Kembangkan PLTP Dieng 2019 Dimulai, RS Tipe B Tanjung Selor Selesai 2020 Resmikan RSUD Konawe, Sri Mulyani: Uang Pajak Dikembalikan ke Rakyat PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar