Berita


Renovasi Soekarno-Hatta, AP II Anggarkan Capex Rp 11 Triliun

Jakarta – PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II) mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/capex) Rp 11 triliun di tahun 2016. Alokasi capex ini meningkat Rp 1 triliun dibandingkan tahun 2015.

Mayoritas belanja modal dipakai membiayai pengembangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang.

“Capex kita itu baru meningkat sejak tahun lalu. Tahun lalu itu sekitar kira-kira mendekati Rp 10 triliun, tahun ini Rp 11 triliun. Sebelum itu capex kita di bawah Rp 2 triliun,” jelas Direktur Utama AP II, Budi Karya Sumadi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta Pusat, Selasa (12/4/2016).

Guna memenuhi pendanaan hingga Rp 11 triliun tersebut, AP II menganggarkan Rp 4 triliun dari kas perusahaan. Sisanya, AP II mencari pinjaman perbankan dan menerbitkan surat utang atau obligasi.

“Jadi porsi pendapatan itu Rp 4 triliun dari internal. Jadi ada Rp 7 triliun lagi dari masyarakat, Rp 2 triliun dari sini (obligasi), Rp 5 triliun dari pinjaman dan dari financial institution seperti SMI (PT Sarana Multi Infrastruktur), Eximbank, dan sebagainya,” terang Budi.

Kenaikan belanja modal AP II diperkirakan masih terus terjadi hingga beberapa tahun anggaran karena maraknya pembangunan dan perbaikan infrastruktur bandara, khususnya Bandara Soetta.

“Saya pikir tren capex itu akan besar sekali pada 3 sampai 4 tahun terakhir ini. Setelah itu akan menurun, karena investasi yang masif itu terjadi di Soekarno-Hatta 2 sampai 3 tahun mendatang,” tutur Budi.

 

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Dirut SMI Bakal Tegas Pecat Pegawai Penyebar Kebencian Kunjungi Proyek Panas Bumi Sorik Marapi Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal SMI Berfokus Pada Pembiayaan Infrastruktur Pariwisata