Berita


Ruang Fiskal Rp 18 Triliun Bakal Bangun Infrastruktur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Adanya ruang fiskal yang cukup besar sekitar lebih dari Rp 18 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2014 akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan transportasi.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan, kurang ekspansifnya APBN 2013 terhadap sektor infrastruktur akan diperbaiki pada 2014.

“Ruang fiskal yang ada akan digelontorkan ke banyak hal terutama infrastruktur serta transportasi,’’ kata dia di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Selasa (13/8) siang.

Pertumbuhan semester satu yang hanya 5,9 persen, kata Hatta, tak bisa dijadikan patokan untuk perhitungan tahunan akan buruk. Hatta menjanjikan, pada dua kuartal tersisa, pemerintah akan melakukan sejumlah langkah untuk menjaga pertumbuhan tetap pada kisaran enam persen.

Pertama, lanjut dia, pembelanjaan dari pemerintah yang berasal dari APBN akan diperluas dan difokuskan sasaran maupun ketepatan waktunya. Jadi penyerapannya akan dipercepat.

Kedua, sambung Hatta, konsumsi harus dijaga agar tak sampai jatuh. Menurutnya,  konsumsi sangat dipengaruhi oleh inflasi, maka tingkat inflasi harus dijaga.

Ketiga, iklim investasi harus dibuat lebih atraktif dan hambatan yang ada harus segera dipangkas. Dia meminta kepada pemangku kepentingan yang terkait dengan kebijakan publik agar bersinergi dan memahami perekonomian dunia sedang tak baik.

Untuk itu, hal-hal yang terkait investasi harus dipermudah. Sekarang pihaknya sedang membahas mengenai pemangkasan aturan-aturan yang menghambat investasi.

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal SMI Berfokus Pada Pembiayaan Infrastruktur Pariwisata Sri Mulyani Minta PT SMI Selektif Pilih Proyek yang Akan Didanai Setelah LRT Jabodebek, Ini Proyek Kerjasama Kemenhub dengan SMI