Berita


Sejumlah Investor Asing Minati Garap Proyek Kereta Bandara

Bisnis.Com,JAKARTA–Sejumlah investor asing telah menyatakan minatnya untuk terlibat dalam pembangunan proyek kereta bandara rute Soekarno Hatta-Halim Perdanakusuma.
Direktur PT Sarana Multi Infrastruktur Emma Sri Martini menyatakan pihaknya selaku fasilitator telah menerima pernyataan dari sejumlah investor asing yang tertarik untuk terlibat dalam pembangunan proyek kereta bandara Halim-Soetta yang menerapkan skema kerjasama pemerintah dan swasta (KPS).

“Sudah banyak sekali investor asing yang berminat, tetapi mereka belum memberi komitmen pendanaan, karena masih menunggu kepastian dari pemerintah terkait pelaksanaan proyek,” kata Emma, Sabtu (4/7/2015). Dia menyebutkan sejumlah investor asing yang telah mengutarakan minatnya antara lain adalah perusahaan asal Perancis, Kanada, Jepang, China, Korea Selatan dan beberapa investor lainnya.

Tidak hanya investor asing, imbuhnya, beberapa perusahaan swasta lokal dan BUMN juga telah mengutarakan minatnya untuk ikut menggarap proyek transportasi massal tersebut. Lebih lanjut, Emma menuturkan apabila tidak ada hambatan, proyek yang sudah mangkrak selama empat tahun ini ditargetkan dapat memulai proses konstruksi pada akhir tahun 2016, setelah menunggu proses prakualifikasi, lelang dan analisis lokasi proyek yang akan dilaksanakan pada tahun ini.

Proses pembangunan transportasi massal ini diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 3-4 tahun. Dengan demikian, kereta bandara sepanjang 33 km ini diharapkan dapat beroperasi pada 2020. Menurutnya, proses lelang proyek di sektor transportasi ini dapat dimulai lantaran dokumen tender proyek telah memasuki tahap finalisasi.

sumber: http://industri.bisnis.com/read/20150705/98/450322/sejumlah-investor-asing-minati-garap-proyek-kereta-bandara

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal SMI Berfokus Pada Pembiayaan Infrastruktur Pariwisata Sri Mulyani Minta PT SMI Selektif Pilih Proyek yang Akan Didanai Setelah LRT Jabodebek, Ini Proyek Kerjasama Kemenhub dengan SMI