Berita


Siapkan Pendanaan, SMI Guyur Pendanaan di 2017

Bidik pertumbuhan pembiayaan tahun depan, PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) mulai menyiapkan kebutuhan pendanaan.

Emma Sri Martini, Direktur Utama SMI menjelaskan sumber pendanaan SMI tahun depan akan diperoleh dari: pertama, dari capital market. SMI masih punya izin untuk merilis obligasi berkelanjutan sebanyak Rp 25 triliun.

“Kami memiliki komitmen total Rp 30 triliun. Oktober lalu, kami sudah menerbitkan Rp 5 triliun, sisanya bisa kami gunakan di tahun depan hingga awal 2018,” ujar dia.

Kedua, pendanaan dari perbankan dalam bentuk dollar AS dan rupiah. Dalam bentuk dollar AS, SMI memiliki komitmen pendanaan hingga US$ 300 juta. “Kami punya sejumlah fund raising dalam bentuk dollar AS karena beberapa proyek ada membutuhkan dalam pendanaan dalam dollar AS,” terang Emma.

Adapun dalam rupiah akan disesuaikan dengan kebutuhan pembiayaan ke depan. Sejumlah bank BUMN diklaim siap memberi pinjaman.

Ketiga, lewat penerbitan surat utang jangka menengah alias medium term notes (MTN). Emma menyebut perusahaan ini memiliki standby MTN senilai US$ 200 juta.

Keempat, lewat penyertaan modal negara (PMN) pada tahun depan yang dianggarkan Rp 2 triliun. Namun Emma menyebut PMN opsi terakhir.

Di sisi lain, pendanaan dengan obligasi memungkinkan SMI meraih tenor lebih panjang. Oktober lalu perusahaan merilis obligasi hingga tenor 30 tahun dengan kupon 8,9%.

Selain itu pendanaan obligasi dinilai paling tepat karena sesuai dengan proyek yang dibiayai yakni infrastruktur.

Pendanaan tersebut digunakan SMI untuk mendanai pembiayaan tahun depan. SMI menargetkan bisa mengantongi komitmen sebanyak Rp 63,7 triliun. Angka tersebut meningkat 35,89% dibanding target komitmen yang diraih oleh perusahaan ini di tahun 2016 yang hanya Rp 46,8 triliun.

Target perolehan komitmen pembiayaan tersebut berasal dari berbagai lini bisnis seperti komersial Rp 49,7 triliun, pemda Rp 6,2 triliun, pembiayaan berkelanjutan Rp 200 miliar dan eks PT PLN Rp 7,5 triliun.

Target tersebut dengan asumsi jika pertumbuhan ekonomi 5,1%, inflasi 4% dan suku bunga SPN tiga bulan sebesar 5,3%. Selain itu pemerintah juga menganggarkan belanja infrastruktur hingga Rp 346,6 triliun di 2017. “Perseroan memiliki komitmen melakukan leveraging guna mendukung pembangunan infrastruktur yang ditetapkan pemerintah,” ujar Emma.

 

siapkan-pendanaan-smi-guyur-pendanaan-di-2017

Kembali ke Berita

Berita Terkait

PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar Kunjungi Proyek Panas Bumi Sorik Marapi Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal