Berita


SMI Biayai Proyek Air Minum Rp840 Miliar

PT Sarana Multi Infrastruktur (persero) menyepakati perjanjian pembiayaan sindikasi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Jawa Timur, dengan PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF), perusahaan pembiayaan infrastruktur pemerintah.

Kedua pihak sepakat untuk membiayai proyek senilai Rp840 miliar dan mempercepat financial closing proyek itu enam bulan lebih awal dari jadwal semula.

“Proyek itu telah tertunda lama karena berbagai sebab, padahal infrastruktur dasar tersebut dibutuhkan untuk memenuhi ketersediaan air bersih bagi masyarakat Surabaya, Gresik, Pasuruan, dan Sidoarjo,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat penandatanganan kesepakatan itu di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, proyek itu bukan hanya kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU), melainkan proyek regional juga karena ini meliputi sejumlah kabupaten.

“Kita ingin mengundang kepala daerah untuk mengupayakan proyek seperti ini karena kita tidak bisa mengandalkan APBN dan APBD,” kata Darmin.

Ia mengharapkan pembangunan proyek lain yang juga menggunakan skema KPBU dapat segera terwujud.

Dalam acara itu hadir juga Menteri Keuangan Sri Mul-yani Indrawati, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Untuk proyek yang diren-canakan mulai beroperasi pertengahan 2019 itu, IIF juga menyerahkan dana hingga Rp550 miliar.

“Proyek ini memberikan kesempatan bagi lebih dari 1,3 juta warga menikmati air bersih dan menghemat pengeluaran sebesar Rp1,2 triliun per tahun serta biaya kesehatan sekitar Rp100 miliar per tahun,” kata Direktur Utama SMI Emma Sri Martini.

Presiden Direktur IIF Arisudono Soerono menambahkan proyek ini merupakan salah satu dari delapan proyek infrastruktur pembiayaan dari IIF, selain transportasi, jalan, pengairan, air limbah, telekomunikasi, ketenagalistrikan, dan migas.

Proyek orde baru

Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menjadi penanggung jawab proyek bernilai total Rp2,3 triliun yang telah diusulkan sejak masa Orde Baru ini.

Proyek itu akan memiliki kapasitas produksi 4.000 liter per detik dengan jaringan sistem transmisi untuk lima PDAM di Jawa Timur.

“Sebagai pemenang lelang kami akan menerima dana dukungan pemerintah pusat untuk kelayakan proyek Rp818 miliar. Skema proyek yang dimulai pada Januari 2017 ini ialah built operate transfer (BOT) dengan masa konsensi 25 tahun,” urainya.

Saat ini 75,64% dari 38 juta penduduk di Jawa Timur telah mendapatkan fasilitas air minum yang memadai.

Proyek SPAM Umbulan akan memberi pasokan air bersih untuk 3,35% masyarakat Jawa Timur.

 

Source

Kembali ke Berita

Berita Terkait

PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar Kunjungi Proyek Panas Bumi Sorik Marapi Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal