Berita


SMI Diarahkan Ambil Bagian di Seluruh Proyek KPS

Kepala Pusat Pengelolaan Risiko Fiskal (PPRF) Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Freddy Saragih mengatakan, pemerintah akan menambah kapasitas PT Sarana Multi Infrastruktur supaya BUMN tersebut bisa masuk menjadi salah satu investor pada setiap proyek dengan skema kerja sama pemerintah swasta (KPS). SMI akan menjadi perwakilan pemerintah di proyek supaya swasta semakin yakin dengan kesediaan pemerintah mendukung proyek.

SMI akan disiapkan sebagai stand by lender proyek infrastruktur KPS supaya setiap investor yang tertarik ikut lelang dapat kepastian pendanaan. “SMI perlu kita fungsikan lagi. Tujuannya bahwa bukan hanya bahwa ada proyek, tapi sudah ada signal dari investor asing siapa yang menjadi partnernya memberikan pinjaman proyek. Kita akan membuat SMI meningkatkan kapasitasnya sehingga dia bisa menjadi investor dalam satu proyek,” katanya.

Penguatan SMI sudah diprogramkan pemerintah dalam anggaran untuk tahun ini maupun tahun depan. Dalam APBN P 2013, SMI mendapat penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp936,2 miliar sementara dalam dokumen rancangan APBN 2014 SMI dianggarkan Rp195 miliar tambahan modal berikutnya.

SMI tahun ini menargetkan pembiayaan senilai Rp4,025 triliun bagi pembiayaan infrastruktur jalan, jembatan, transportasi, minyak dan gas bumi, air minum, telekomunikasi, irigasi, serta ketenagalistrikan.

Selain pembiayaan secara langsung, pemerintah juga meminta SMI membantu pembangunan kapasitas pemerintah sendiri untuk menyiapkan proyek. Diketahui, SMI saat ini tengah membantu persiapan tiga proyek KPS pemerintah yakni proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Jawa Timur senilai Rp2,07 triliun, proyek Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta senilai Rp20 triliun, dan pengelolaan sampah di Batam senilai Rp1,2 triliun.

Direktur Utama SMI Emma Sri Martini menanggapi positif keinginan pemerintah untuk melibatkan SMI lebih jauh dalam proyek KPS infrastruktur. BUMN itu mengaku siap mendukung pembangunan infrastruktur di tanah air. (Ghe)

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Geo Dipa-SMI Kembangkan PLTP Dieng 2019 Dimulai, RS Tipe B Tanjung Selor Selesai 2020 Resmikan RSUD Konawe, Sri Mulyani: Uang Pajak Dikembalikan ke Rakyat PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar