Berita


SMI Garap 3 Proyek Fasilitas Percontohan

JAKARTA – Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor infrastruktur, PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Persero menyatakan saat ini tengah memproses pembiayaan tiga proyek nasional.

Direktur Utama SMI Emma Sri Hartini mengungkapkan, dalam tahapan menyelesaikan proyek pembiayaan fasilitas tersebut membutuhkan waktu yang cukup panjang dan setiap proyek mempunyai kesulitan tersendiri.

“Tiga proyek ini yakni pertama, proyek nasional kereta api bandara dengan penanggung jawab Kementerian Perhubungan. Proyek ini akan menjadi percontohan karena melibatkan dua provinsi,” ungkap Emma di Hotel Four Season, di Jakarta, Jumat (30/8/2013).

Emma menambahkan, proyek yang kedua yakni proyek air minum Umbulan di Jawa Timur yang sudah ada sejak 30 tahun lalu. Penanggung jawab dalam proyek ini Provinsi Jatim.

“Dan ketiga, proyek pengelolaan sampah di provinsi Batam,” jelas Emma.

Ketiga proyek ini, lanjut Emma mempunyai kesulitan yang berbeda-beda. Menurut Emma yang kesulitan yang cukup yakni dalam proyek pembangunan kereta api bandara.

“Dalam proyek kereta api bandara misalnya. Kita harus menjalin koordinasi dengan 20 stakeholder antar lintas kementrian, lembaga, sektoral. Worskhop dan meeting sampai beberapa kali untuk memutuskan sesuatu. Hasil kesepakatannya cuma satu kalimat, tapi prosesnya bisa 2-3 bulan namun membuahkan hasil penyelesaian studi kelayakan proyek kereta api bandara tahun ini meskipun seharusnya target tersebut ditetapkan pada 2012. Koordinasi memang masih mahal di negara ini,” pungkasnya. (wan) (wdi)

Kembali ke Berita

Berita Terkait

PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar Kunjungi Proyek Panas Bumi Sorik Marapi Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal