Berita


SMI Gelontorkan Rp2,8 Triliun

JAKARTA – PT Sarana Multi Infrastruktur berhasil mencapai pembiayaan dengan nilai Rp2,8 Triliun untuk sejumlah proyek infrastruktur selama semester pertama 2013.

Corporate Secretary SMI Astried Swastika mengungkapkan proyek-proyek yang memperoleh pembiayaan dari perusahaan pelat merah tersebut berasal dari ketenagalistrikan, jalan dan jembatan, air minum, serta pelabuhan.

“Terdapat penambahan beberapa proyek. Namun, untuk nilai proyek, tidak bisa kami disclose, karena kami harus menghargai perjanjian kredit dengan pihak debitur PT SMI,” terangnya kepada Bisnis, Minggu (28/7).

Dia mengungkapkan perusahaan tengah berusaha membiayai sejumlah proyek terbaru, sehingga pada semester II 2013 pihaknya dapat memenuhi target.

“Saat ini terus dilakukan upaya financial close atas sejumlah proyek di berbagai sektor,” katanya.

Terkait dengan tiga pilar bisnis PT SMI, yakni pembiayaan, jasa konsultasi, dan penyiapan proyek, Astried menuturkan bidang pembiayaan masih menjadi kontributor pendapatan utama bagi korporasi.

Menurutnya, dua pilar bisnis baru, jasa konsultasi dan penyiapan proyek, pada tahun ini masih pada tahap awal pengembangan usaha.

“(Kedua pilar bisnis tersebut) masih memerlukan waktu untuk dapat sampai ke tahapan yang mampu memberikan kontribusi pendapatan yang signifikan bagi perusahaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Astried mengungkapkan korporasi juga tengah menjajaki beberpaa proyek kerjasama pemerintah swasta (KPS) terbaru.

“PT SMI masih melakukan assessment atas proyek KPS baru, (namun) belum ada yang definitif,” terangnya.

Dirut SMI Emma Sri Martini mengatakan hingga semester I 2013, pembiayaan proyek infrastruktur yang ditangani perusahaan telah mencapai Rp2,8 triliun rupiah.

Dia optimis pada semester kedua perusahaan bisa mencapai target Rp4,02 triliun.

Kembali ke Berita

Berita Terkait

PT SMI Kucurkan Pinjaman Rp 450 Miliar ke Kabupaten Muba 55 PPA Bakal Dapat Perhatian Khusus Request for Expressions of Interest: Consulting Services for Detailed Engineering Design (DED) of Road Improvement and Bridge Construction Project Sri Mulyani: Tol Trans Sumatera Berikan Banyak Dampak Positif Danai Tol Trans Sumatera, 7 Bank Kucurkan Rp 8 Triliun ke Hutama Karya