Berita


SMI Genjot Pembiayaan Infrastruktur Jadi Rp 63,6 T

PT Sarana Multi Infrastruktur/ SMI (Persero) menargetkan komitmen pembiayaan proyek infrastruktur sebesar Rp 63,6 triliun di Tahun 2017.

Perseroan tidak hanya mengandalkan dana PMN (Penyertaan Modal Negara) tetapi juga pinjaman bank serta dana dari penerbitan sukuk untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Direktur Utama SMI Emma Sri Martini mengatakan, target pembiayaan tersebut naik cukup tinggi jika dibandingkan dengan target tahun ini yang hanya sebesar tercatat Rp 46,8 triliun.

”Yang tahun ini, targetnya Rp 46,8 triliun tapi total out-standing-nya baru Rp 36.5 triliun. Tahun depan mau ditingkatkan jadi Rp 63.6 triliun,” ujarnya dalam paparan, di Bali, kemarin.

Ia menjelaskan, pihaknya kembali mendapatkan dana PMN tahun depan sebesar Rp 2 triliun. Namun diakuinya, perseroan tidak bisa selalu mengandalkan PMN. Sehingga. diperlukan sumber pendanaan lainnya seperti penerbitan surat utang syariah atau sukuk yang rencananya akan dikeluarkan pada kuartal keempat tahun depan.

“Prosesnya sekarang masih tahap persiapan operasional seperti legal, izin, sudah keluar. OJK (Otoritas Jasa Keuangan) juga sudah dapat izinnya. Nanti tinggal buat portofolionya. Yang jelas, tahun depan sudah harus ada.” jelasnya.

Kata dia, penyaluran pembiayaan juga akan terus difokuskan pada investasi pembangunan infrastruktur di luar Jawa yang kurang dilirik pemodal.

“Kita akan mulai di kawasan tengah maupun timur, hanya memang porsi pembiayaannya masih langka, karena tergantung kesiapan proyeknya,” katanya.

Karenanya, ia berharap pemerintah daerah turut mendorong dan berpartisipasi guna mengurangi hambatan teknis yang kerap dihadapi calon investor atau pemilik modal.

“Tools-nya berupa jasa konsultasi. pembangunan kapasitas, bantuan saran (advisory) dan pembiayaan untuk pemerintah daerah, agar proyeknya lebih siap dan komitmen pembiayaan dapat lebih cepat terlaksana.” terangnya.

Saat ini. pembiayaan yang telah disalurkan perusahaan seperti pada sektor keteragalistrikan, jalan, transportasi, minyak dan gas bumi, irigasi, telekomunikasi, air minum dan sarana sosial lainnya seperti rumah sakit.

 

smi-genjot-pembiayaan-infrastruktur-jadi-rp-636-t

Kembali ke Berita

Berita Terkait

55 PPA Bakal Dapat Perhatian Khusus Request for Expressions of Interest: Consulting Services for Detailed Engineering Design (DED) of Road Improvement and Bridge Construction Project Sri Mulyani: Tol Trans Sumatera Berikan Banyak Dampak Positif Danai Tol Trans Sumatera, 7 Bank Kucurkan Rp 8 Triliun ke Hutama Karya Sindikasi 7 Bank & SMI Biaya Tol Trans-Sumatra Garapan Hutama Karya