Berita


SMI Ikut Biayai Proyek Energi Terbarukan

JAKARTA – PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sejak 2015 terlibat untuk membiayai proyek-proyek energi terbarukan (renewable energy) dan perubahan iklim (climate changes). Adapun fasilitas pinjaman didapat dari beberapa lembaga donor yang berasal dari luar negeri.

Direktur Pengembangan Proyek dan Jasa Konsultasi SMI, Darwin Trisna Djajawinata mengungkapkan sumber fasilitas pinjaman berasal dari Agence Francaise de Developpement (AFD) atau Bank Pembangunan Prancis senilai maksimum USD100 juta. Kemudian juga memperoleh Grant senilai USD5 juta serta program bantuan teknis (technical assistance) senilai maksimum 400 ribu euro dari AFD.

“Kita sejak 2015 mulai aktif renewable energy mulai dari proyek mini hydro, angin. Kita menjadi bagian stakeholder promote pembangunan listrik, angin, solar. Bersama BUMN-BUMN, Pertamina dan BUMN lain yang bergerak di bidang konsultasi, kita juga sudah kolaborasi,” ujarnya saat diskusi bersama awak media di Wisma GKBI, Jakarta, Kamis (9/6/2016).

Dia menjelaskan, kerja sama dengan AFD ini akan mendorong peningkatan pemanfaatan sumber energi terbarukan guna menopang bauran energi menjadi 17 persen di 2025. Mengingat saat ini sekitar 5 persen.

“Hal ini juga membuktikan tingginya kepercayaan lembaga bilateral atau multilateral kepada SMI,” jelasnya.

 

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar Kunjungi Proyek Panas Bumi Sorik Marapi Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal