Berita


SMI Siap Terbitkan Sukuk

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) akan mengeluarkan instrumen investasi Sukuk pada semester pertama tahun depan. Penerbitan instrumen baru ini untuk melayani investor asalTimur

Tengah yang membutuhkan aset atau dasar transaksi syariah (underlying asset). “Instrumen (syariah) ini perlu karena ada produk yang tak bisa diakomodasi oleh konvensional,” kata Direktur Utama PT SMI, Emma Sri Martini, di Nusa’ Dua, Bali, kemarin.

Dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan 2017, PT SMI tidak menyebutkan nilai penerbitan Sukuk pertama. Perseroan menetapkan pipeline Sukuk sebesar Rp 2 triliun untuk diterbitkan secara bertahap.

Perseroan menyiapkan pengoperasian unit usaha syariah sejak 2014, sebelum menerbitkan surat utang syariah. Emma mengklaim telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan rekomendasi Dewan Syariah Nasional.

Ia ingin meraup potensi pasar keuangan syariah yang dianggap masih kalah dibanding Malaysia. “Negara dengan populasi muslim terbesar, kenapa pasar syariah tidak terlalu dalam,” ujar dia.

Sebelumnya, PT SMI menyediakan instrumen pembiayaan syariah lain dalam bentuk pasar modal syariah, BPJS syariah, dana haji, dan sovereign wealth ftind.

Beberapa bulan terakhir, OJK juga telah memberikan izin pendirian unit usaha syariah kepada PT Bukopin Finance, PT MNC Guna Usaha Indonesia, dan PT Mitra Bisnis Keluarga Ventura.

 

smi-siap-terbitkan-sukuk

Kembali ke Berita

Berita Terkait

PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar Kunjungi Proyek Panas Bumi Sorik Marapi Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal