Berita


SMI Targetkan UUS Terbit pada Kuartal III

JAKARTA – PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) terus melakukan inovasi produk pembiayaan dengan cara menjaring dana syariah. Salah satunya adalah dengan penerbitan Unit Usaha Syariah (UUS) yang rencananya akan di-launching pada kuartal III-2016.

Direktur Utama SMI, Emma Sri Martini mengatakan, pihaknya menerbitkan UUS karena melihat potensi sumber dana syariah yang membutuhkan aset syariah begitu besar. Mengingat produk pembiayaan dari perbankan sangat terbatas.

“Establish UUS karena potensinya banyak sumber dana syariah yang membutuhkan aset syariah. Produk perbankan terbatas,” ujarnya saat diskusi bersama awak media di Wisma GKBI, Jakarta, Kamis (9/6/2016).

Dengan UUS, SMI nantinya akan bisa mengoptimalkan dana haji untuk dimanfaatkan sebagai pembiayaan infrastruktur ke depannya. Karena dana haji yang jangkanya bisa 10-15 tahun pasti menanti produk yang sesuai syariah.

“Dana haji itu sekarang bisa Rp75 triliun. Itu baru dari domestik, belum yang dari luar negeri,” ujar dia.

Dia menuturkan, dengan di-launching-nya UUS pada kuartal III-2016, maka ditargetkan realisasi pencairan pinjaman akan terjadi pada kuartal berikutnya yakni kuartal IV-2016. Adapun sumber pendanaan dari luar negeri didapat melalui Abi Dhani Fund for Development, The Saudi Fund for Development, Emirates Development Bank, dan Qatar Development Bank.

Sementara untuk dalam negeri, selain dari dana haji, ada juga sumber pendanaan syariah lainnya, antara lain BPJS Syariah, Pasar Modal Syariah, dan Mari Berasuransi Syariah.

 

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Geo Dipa-SMI Kembangkan PLTP Dieng 2019 Dimulai, RS Tipe B Tanjung Selor Selesai 2020 Resmikan RSUD Konawe, Sri Mulyani: Uang Pajak Dikembalikan ke Rakyat PT Sarana Multi Infrastruktur Perluas Sektor yang Dibiayai Proyek Tol Bogor Outer Ring Road Dapat Pembiayaan SMI Rp660 Miliar