Berita


SMI Tawarkan Fasilitas Pembiayaan ke Daerah

JAKARTA – PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) terus berupaya mendorong percepatan pembangunan daerah. Adapun caranya dengan menawarkan fasilitas pembiayaan kepada daerah-daerah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Direktur Utama SMI, Emma Sri Martini mengatakan, pemberian pinjaman kepada daerah-daerah ini muncul mengingat saat ini banyak daerah yang sulit mendapatkan pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur. Terutama bank komersial yang sulit memberikan pinjaman atau pembiayaan kepada pemerintah daerah (Pemda).

“Pemda tidak boleh menggunakan aset, revenue. The only tender hanya SMI karena dari Kemenkeu. DPD bisa, tapi short term. Nah ini ke depan akan kami galakkan,” ujarnya saat diskusi bersama awak media di Wisma GKBI, Jakarta, Kamis (9/6/2016).

Sehingga, dengan adanya fasilitas pembiayaan ke sejumlah daerah, maka akan terjadi percepatan pengantaran infrastruktur ke daerah. Artinya, pertumbuhan ekonomi bisa lebih cepat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga jadi meningkat.

“Ujung-ujungnya ini akan meringankan APBN,” ucapnya.

Dengan demikian, masih kata Emma, portofolio wilayah pembiayaan SMI yang selama ini cenderung miring ke kiri, akan bisa perlahan seimbang. Mengingat percepatan pembangunan akan mulai digencarkan dari wilayah Tengah hingga ke Timur Indonesia.

“Sekarang portofolio kami masih miring ke kiri, yakni wilayah Barat. Ke depan, dengan pinjaman dari produk tadi, distribusi pembiayaan bisa ke wilayah Tengah dan Timur Indonesia,” pungkasnya.

 

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

PT SMI Kucurkan Pinjaman Rp 450 Miliar ke Kabupaten Muba 55 PPA Bakal Dapat Perhatian Khusus Request for Expressions of Interest: Consulting Services for Detailed Engineering Design (DED) of Road Improvement and Bridge Construction Project Sri Mulyani: Tol Trans Sumatera Berikan Banyak Dampak Positif Danai Tol Trans Sumatera, 7 Bank Kucurkan Rp 8 Triliun ke Hutama Karya