Berita


Tol Palembang-Simpang Indralaya peluang akses ekonomi dan pariwisata

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimoeljono mengatakan pembiayaan pembangunan infrastruktur jalan tol memang tidak dapat dikerjakan sendiri. Oleh karena itu, pemberian fasilitas pinjaman dari kreditor dapat mempercepat realisasi pembangunan jalan tol.

Demikian disampaikan Basuki saat menyaksikan penandatanganan perjanjian pinjaman pengusahaan jalan tol Palembang-Simpang Indralaya di Gedung Kemen PU-Pera, Jakarta, Rabu (11/11), seperti dihimpun elshinta dari berbagai sumber.

Menurut Basuki pembangunan ini akan membuka akses yang akan lebih baik bagi pereknomian kota-kota kecil di sekitar Palembang.

“Jalan tol Palembang-Simpang Indralaya ini diharapkan pertumbuhan ekonomi mulai dari perdagangan sampai pariwisata bisa sangat progresif di tahun-tahun mendatang,” katanya.

PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) memberi fasilitas pinjaman sebesar Rp1,24 Triliun kepada PT Hutama Karya (HK) untuk pembangunan proyek jalan tol Trans Sumatera, ruas Palembang-Simpang Indralaya, yang memiliki nilai proyek total sebesar Rp3,3 Triliun.

Ditempat sama, Direktur Utama PT SMI, Emma Sri Martini mengatakan pemberian pinjaman ini memiliki tenor yang panjang yaitu 25 tahun.

“Sehingga PT HK selaku debitur kami, lebih leluasa mengelola asetnya,” jelas Emma.

Sementara itu, Direktur PT HK, I Gusti Ngurah Putra menyampaikan apresiasi yang tinggi terlebih dengan andanya kolaborasi bersama PT SMI.

“Kami yakin proyek ini dapat berjalan sesuai rencana dan menjadi poros perekonomian Palembang dan Simpang Indralaya, karena memang daerah ini memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat potensial untuk dikembangkan,” ujarnya.

Tol Palembang-Simpang Indralaya akan membentang sepanjang 22 km. Pengerjaan akan dibagi menjadi tiga seksi, yakni:

1. Seksi 1 : Palembang-Pemulutan sepanjang 7,1 km.

2. Seksi 2 : Pemulutan-Kota Terpadu Mandiri (KTM), sepanjang 4,9 km.

3. Seksi 3 : KTM-Indralayan sepanjang 9,9 km.

Sumber

Kembali ke Berita

Berita Terkait

55 PPA Bakal Dapat Perhatian Khusus Request for Expressions of Interest: Consulting Services for Detailed Engineering Design (DED) of Road Improvement and Bridge Construction Project Sri Mulyani: Tol Trans Sumatera Berikan Banyak Dampak Positif Danai Tol Trans Sumatera, 7 Bank Kucurkan Rp 8 Triliun ke Hutama Karya Sindikasi 7 Bank & SMI Biaya Tol Trans-Sumatra Garapan Hutama Karya