Berita


Trans-Jawa Makin Berwujud, Pekan Depan Cikopo-Palimanan Sudah Bisa Dilewati

CIREBON— Jalan Tol Cikopo- Palimanan, Jawa Barat, sepanjang 166,75 kilometer selesai dibangun. Kehadiran ruas Cikopo-Palimanan membuat impian menghadirkan Jalan Tol Trans-Jawa kian berwujud. Saat ini, dari Merak, Banten, ke Pejagan, Jawa Tengah, telah tersambung dengan jalan tol.

Kompas mendapat kesempatan menggunakan Jalan Tol Cikopo-Palimanan selama tiga hari. Tim menyusuri jalan tol yang melintasi lima kabupaten, yaitu Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon, itu pada siang dan malam hari.

Presiden Direktur PT Saratoga Investama Sedaya (SIS) Sandiaga Uno, Kamis (11/6), menyatakan, Jalan Tol Cikopo-Palimanan siap diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Sandiaga mengatakan, kehadiran Cikopo-Palimanan diharapkan mendorong perekonomian. Ruas ini jangan dipandang sebagai pesaing yang akan mematikan jalur pantai utara (pantura), tetapi penopang jalur tersebut.

 

Sosialisasi

Jika jalan tol ini diresmikan pekan depan, pengelola berencana melanjutkannya dengan jangka waktu sosialisasi selama seminggu. “Setelah peresmian, kami tutup beberapa jam untuk pembersihan sebelum operasional sosialisasi,” kata Hudaya.

Kurun seminggu sosialisasi itu, pelintas tidak akan dipungut biaya. Selepas masa sosialisasi, barulah jalan tol resmi beroperasi komersial. Tidak ada jeda waktu dari waktu sosialisasi sampai operasional komersial.

Dengan asumsi waktu peresmian pada Senin pekan depan, jalan tol itu resmi memungut biaya pada Senin atau Selasa (23/6). Untuk tarif, tim belum mendapat informasi dari pengelola atau yang berwenang. (BRO/NAD)

 

Sumber: KOMPAS

Kembali ke Berita

Berita Terkait

Dirut SMI Bakal Tegas Pecat Pegawai Penyebar Kebencian Kunjungi Proyek Panas Bumi Sorik Marapi Sekarang Cek Proyek Infrastruktur Bisa Lewat Aplikasi Sarana Multi Infrastruktur Diminta Garap Daerah Tertinggal SMI Berfokus Pada Pembiayaan Infrastruktur Pariwisata